Pohon Tangan Monyet, Tanaman Hias Unik Penghuni Hutan

oleh -29 views
istockphoto-1095086614-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon tangan monyet merupakan salah satu jenis pohon iklim tropis. Pohon tersebut mempunyai nama unik dan ini tidak di miliki oleh berbagai jenis pohon lain.

Tanaman dengan nama Ilmiah Chiranthodendron pentadactylon ini masih termasuk keluarga dari Malvaceae. Di Samping itu, spesiesnya ini merupakan tanaman asli dari genus Guatemala.

Secara morfologi, pohon tangan monyet ini dapat tumbuh tinggi hingga mencapai ukuran berkisar antara 15 meter. Batangnya berwarna coklat yang terdapat ranting dengan jumlah percabangan cenderung banyak, biasanya batang tersebut memiliki akar tunggang hingga menjulur ke bagian tanah yang dalam pada pohon ini.

Baca Juga :   Tidak Bersertifikat, Barantan Medan Gagalkan Lalu Lintas Bibit Durian Asal Penang

Selain itu, pohon ini juga memiliki daun yang cenderung besar menjulur hingga ke bawah. Biasanya daun tersebut berbentuk bulat cenderung memanjang dengan warnanya coklat hingga merah. Di sela-sela daunnya, terdapat bunga yang biasanya muncul saat akhir semi. Adapun bunga tersebut berukuran panjang dengan 5 benang sari.

Sementara itu, habitat asli dari pohon tangan monyet ini biasanya dapat kita temukan keberadaannya pada ketinggian berkisar antara 1.830 hingga 2.740 meter di atas permukaan laut. Biasanya habitat pohon ini cukup meramaikan kawasan pegunungan hingga hutan-hutan, oleh karenanya pohon ini kerap disebut sebagai pohon penghuni hutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.