Dorong Induk Unggulan, KKP Perkuat Benih Perikanan Nasional

oleh -15 views
KKP Perkuat Jejaring Perbenihan Nasional Dorong Produksi Induk Unggul (1)
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong percepatan produksi induk unggul dan benih bermutu dengan menggandeng stakeholder pusat dan daerah, akademisi dan lembaga riset untuk mengembangkan teknologi serta pemuliaan induk unggul.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu mengungkapkan bahwa ketersediaan benih berkualitas di sisi hulu menjadi salah satu tantangan yang dihadapi dalam mencapai target produksi perikanan budidaya nasional. Dibutuhkan komitmen bersama dalam mendukung program yang telah dicanangkan serta menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder yang terlibat.

“Seperti diketahui, KKP saat ini tengah mengusung program kerja berlandaskan ekonomi biru dengan lima komoditas utama yaitu udang, lobster, kepiting, nila dan rumput laut. Penyiapan benih berkualitas memiliki peran penting agar program kerja yang dicanangkan dapat berjalan dengan baik” ujar Dirjen yang biasa disapa Tebe tersebut. Senin (26/06/2023).

Baca Juga :   KKP Catat 195 Kali Dalam Sebulan Ekspor Produk Kelautan dan Perikanan dari Medan

Selain itu, Tebe juga menilai bahwa pemenuhan produksi dan kebutuhan induk unggul serta benih bermutu memerlukan dukungan dari berbagai pihak, sedangkan KKP sebagai regulator akan menyiapkan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria yang dibutuhkan sebagai pedoman untuk implementasi di lapangan.

“Salah satu pendekatan yang dilakukan guna mengatasi kendala produksi dan memenuhi kebutuhan induk unggul dan benih bermutu yaitu meningkatkan koordinasi melalui pembentukan jejaring perbenihan nasional untuk peningkatan mutu calon induk, induk dan benih ikan yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 11 Tahun 2022 tentang Jejaring Perbenihan Nasional” papar Tebe.

Baca Juga :   Mengenal Jurung, Jenis Ikan Lokal Dari Aceh Yang Mulai Langka

Sementara itu, Direktur Perbenihan KKP, Nono Hartanto mengungkapkan bahwa jejaring perbenihan nasional merupakan gabungan unsur pemerintah pusat dan daerah, seperti UPT lingkup Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, UPT Badan SDM KKP yang menangani produksi induk dan benih ikan, UPTD provinsi dan kabupaten/kota serta lembaga swasta di bidang pemuliaan induk.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan seluruh anggota jejaring untuk mensinergikan komitmen dalam pengelolaan perbenihan perikanan, khususnya pada percepatan produksi induk dan benih bermutu yang siap untuk didistribusikan kepada masyarakat dengan standar kualitas yang terjaga. Selain itu, jejaring perbenihan juga diharapkan dapat menyamakan persepsi terkait kewenangan dan penganggaran di daerah, khususnya dalam pengelolaan UPTD yang menangani induk dan benih ikan” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.