Air Tambak Budidaya Udang Bau, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

oleh -62 views
tambak udang di kebumen
Tambak udanh modern di Kebumen yang diresmikan Presiden Jokowi. (Panennews.com/Dok. Pemprov Jateng)

Panennews.com – Budidaya udang memang saat ini tengah digandrungi oleh banyak kalangan masyarakat. Pasalnya, budidaya udang ini memiliki potensi nilai jual yang cenderung tinggi.

Namun dalam budidaya udang tersebut, tidak terlepas dari masalah-masalah yang akan menganggu salah satunya air budidaya bau. Tentunya hal ini disebabkan oleh beberapa hal, adapun penyebab tersebut diantaranya.

Sistem Filter Buruk

Penggunaan sistem filter yang buruk menjadi salah satu penyebab air tambak udang bau. Pasalnya, filter yang buruk tidak bekerja secara optimal untuk menetralisir kotoran dalam air, sehingga dengan begitu air tersebut mengendap kotoran yang menghasilkan rasa atau bau tidak sedap. Oleh karena itu, filter sangat berpengaruh terhadap kolam tambak budidaya udang.

Baca Juga :   Asupan Protein Ikan Dengan Nutrisi Seimbang, Bisa Cegah Stunting Anak

Banyaknya Lumpur 

Air tambak udang yang bau, bisa saja karena banyaknya lumpur yang menumpuk pada kolam tambak. Selain itu, penumpukan kotoran selain lumpur juga menjadi salah satu penyebab kolam air budidaya udang bau. Adapun cara mengatasi hal tersebut, bersihkan lah tambak budidaya secara teratur dan hindari penumpukan lumpur atau pun kotoran pada kolam.

Pembusukan Pakan

Penyebab air tambak udang bau selanjutnya yaitu pembusukan pakan sisa yang menumpuk dalam waktu lama. Hal ini tentunya sangat berpengaruh terhadap kesehatan air tambak udang, biasanya cara mengatasi hal ini dengan pemberian pakan secukupnya. Selain itu, bersihkan lah sisa-sisa pakan agar tidak terjadinya pembusukan dalam kolam air tambak budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.