Penetapan Mutu Standar Jadi Kunci Sukses Ekspor Biji Pala

oleh -42 views
Pala
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Sinergisitas seluruh pemangku kepentingan dan adanya penetapan mutu standar pengelolaan pala yang memenuhi persyaratan ekspor perlu segera diterapkan.

Hal tersebut dinilai sebagai kunci keberhasilan ekspor pala Indonesia.

Penerapan standar dimulai dari hulu hingga hilir, agar pala yang dihasilkan bebas dari cemaran aflatoksin dan sesuai persyaratan negara tujuan.

Setiap rantai pasok mulai dari petani, pengumpul, eksportir hingga pendistribusian memiliki andil yang tinggi terhadap keberhasilan ekspor pala Indonesia.

Namun, Indonesia masih menerima notifikasi ketidaksesuaian atau Notification of Non-Compliance (NNC) dari negara tujuan karena cemaran alfatoksin melebihi ambang batas yang telah dipersyaratkan.

“Salah satu alasan penolakan dari negara UE (Uni Eropa, red) terhadap pala Indonesia adalah temuan cemaran cendawan Aflatoksin yang melebihi ambang batas yang telah ditetapkan. Mengingat sebagian besar pala Indonesia dihasilkan dari perkebunan tradisional yang masih belum memerhatikan mutunya. Sehingga kemungkinan besar kontaminasi cendawan dan ketidaksesuain produk pun cukup tinggi,”. Ungkap Antarjo Dikin, Analis Perakarantinaan Tumbuhan Ahli Utama Badan Karantina Pertanian (Barantan) pada paparan materinya saat Rapat Teknis Mitigasi Cemaran Alfatoksin secara daring pada Jum’at (31/03/2023).

Baca Juga :   Mentan Minta Produk Perkebunan Indonesia Kuasai Pasar Ekspor Dunia di 2022

Selain itu, Pala juga sebagai salah satu potensi ekspor Indonesia timur kerap beberapa kali mengalami penolakan dari Uni Eropa.

Lebih lanjut, Di mana sepanjang tahun 2019-2021, total ekspor pala biji tujuan UE sebanyak 6,864 ribu ton, dengan jumlah yang dinotifikasi 92,074 ton (1,34%). Selain itu, tercatat pada sistem Barantan, IQFast, jumlah ekspor pala asal Maluku pada tahun 2022 sebanyak 3,114 ton.

Sementara itu, Bambang selaku Kabarantan mengapresiasi langkah dari pemangku kepentingan di Maluku dalam menggenjot ekspor pala.

Baca Juga :   Panen Padi Di Karawang Melimpah, Capai 8 Ton Perhektare

Salah satunya melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP).

Langkah ini menurut Kabarantan Bambang sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, program strategis Kementan, yakni Patriot Ekspor dalam pencapaian Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) sesuai Permentan Nomor 19 Tahun 2019.

Lebih jauh, Bambang berpesan kepada seluruh pejabat karantina untuk memperkuat kerja sama dengan pemangku kepentingan.

Hal ini tentunya membantu Barantan sebagai Koordinator Tim Patriot Ekspor Produk Pertanian berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 761/Kpts/OT.050/M/10/2022.

“Harapannya langkah-langkah konkret untuk mencapai target Gartieks terealisasi. Sehingga peningkatan ekspor pada tahun 2023 dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan,”. Tutup Bambang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.