Mengenal Ranchu, Spesies Ikan Koki Dengan Tampilan Indah

oleh -318 views
Goldfish in aquarium with green plants, snag and stones
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan koki ranchu merupakan salah satu jenis ikan koki yang sangat populer dikalangan pecinta ikan hias. Biasanya spesies ikan koki ranchu ini banyak ditemukan keberadaannya pada wilayah Asia Tenggara hingga Eropa.

Jenis ikan ranchu masih termasuk ke dalam suku famili dari Cyprinidae dan Ordo Cypriniformes. Spesies ikan tersebut banyak dicari dan dipelihara karena memiliki tampilan yang berbeda dari jenis lainnya.

Secara morfologi, ikan koki ranchu mempunyai dua tipe tubuh yaitu tubuh langsing dan tubuh bulat, biasanya jenis ikan koki yang satu ini memiliki ukuran pada tubuhnya yang berkisar antara 5 hingga 10 cm. Namun, kebanyakan jenis ikan koki ranchu ini mempunyai bentuk tubuh bulat dengan perutnya yang sedikit lebih gendut.

Baca Juga :   Komisi IV Sebut Produk Dari Sisik Ikan Menambah Devisa Negara

Selain itu, koki ranchu juga mempunyai sirip yang terletak pada bagian atas dan bawah tubuh ikan, biasanya sirip ikan ini cukup tajam untuk melindungi dirinya dari serangan musuh atau pemangsanya. Adapun ekor dari jenis ikan koki ranchu ini dapat tumbuh panjang yang berkisar antara 15 cm, tentunya cukup indah jika dilihat.

Sementara itu, warna dari ikan koki jenis ranchu ini pun tergolong sangat beragam yang dimulai dari putih oranye, merah oranye, kuning emas, bahkan juga ada yang terdapat warna hitam. Oleh karena itu, dari tampilan dan warna yang cukup banyak menjadikan ikan koki ini memiliki tampilan indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.