Benarkah Beras Merah Lebih Sehat Dibanding Beras Putih

oleh -117 views
uncooked-red-rice-white-bowl-isolated-white-background-with-clipping-path_625448-715
Foto : Freepik

Panennews.com – Beras merupakan salah satu jenis bahan makanan pokok masyarakat Indonesia yang berasal dari tanaman padi potensial. Beras tersebut tak hanya satu jenis saja, melainkan ada beberapa jenis yang diantaranya beras putih, beras merah, dan juga beras cokelat.

Namun, jenis beras tersebut tentunya berbeda dalam kandungan nutrisinya terlebih lagi kandungan nutrisi beras merah dengan beras putih. Oleh karena itu, banyak beredar dimasyarakat kandungan nutrisi mana yang lebih sehat diantara dua jenis beras tersebut.

Secara umum, beras merah mengandung berbagai macam gizi dan nutrisi dalam per 100 gram diantaranya terdapat kandungan serat dalam angka yang cukup tinggi dibandingkan beras putih. Serat yang terkandung dalam beras merah dipercayai dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi seseorang, sehingga serat tersebut dinilai bermanfaat untuk kesehatan.

Baca Juga :   Kementan: Status Ketahanan Pangan Indonesia Semakin Baik

Selain itu, beras merah juga mengandung protein yang cukup tinggi dari beras putih. Biasanya kandungan protein pada beras merah berkisar antara sebanyak 7 gram, sedangkan beras putih mengandung protein dalam jumlah sedikit darinya yang berkisar antara 6,5 gram. Adapun kandungan karbohidrat dalam dua jenis beras tersebut yaitu 52 gram pada beras merah, sedangkan beras putih terdapat 47 gram karbohidrat.

Sementara itu, kandungan vitamin dan mineralnya lebih banyak meras merah dibandingkan beras putih, adapun kandungan vitamin dan mineral pada beras merah meliputi vitamin B6, vitamin B12, fosfor, magnesium, kalium, zink, zat tembaga baik, dan juga mangan. Oleh karena itu, kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral tersebut, beras merah dapat lebih sehat dibandingkan beras putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.