Cara Mudah Budidaya Ikan Mujair Pada Kolam Terpal, Cocok Untuk Pemula

oleh -256 views
Ikan Mujair
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ikan mujair salah satu jenis ikan yang mempunyai nilai ekonomi tergolong tinggi dan peminatnya pun tergolong banyak. Maka dari itu, ikan tersebut memiliki peluang yang bagus untuk dibudidayakan.

Budidaya ikan mujair pun dinilai mudah, namun masih banyak jarang yang tahu bagaimana caranya. Budidayanya bisa dilakukan dengan habitatnya kolam terpal, hal tersebut dinilai bagus untuk adaptasi budidaya ikan mujair, adapun caranya yang pertama yaitu dengan mempersiapkan kolam budidaya.

Siapkan kolam terpal dengan luas kolam yang digunakan mencapai kisaran 500 – 1000 cm dengan membuat kolam kokoh dan kedap air. Adapun juga berikan pada kolam tersebut pemasukan dan pengeluaran air agar lebih mudah dalam menguras kolam tersebut, isi kolam tersebut dengan air ketinggian mencapai 30 cm.

Baca Juga :   Mengenal Jurung, Jenis Ikan Lokal Dari Aceh Yang Mulai Langka

Selain itu, lakukanlah pemilihan bibit mujair dan sebarkan bibit mujair yang unggul pada kolam tersebut. Biasanya bibit mujair unggul mempunyai bobot kurang lebih yang berkisar antara 100 gram, setelah itu lakukanlah pemijahan yang bertujuan untuk menghasilkan yang berkualitas.

Adapun setelahnya perhatikan pakan yang diberikan, biasanya pakan ikan mujair diantaranya cacing sutera, lumut, dan juga pelet ikan. Pakan diberikan biasanya dengan waktu yang teratur maksimal 3 kali dalam sehari, sehingga ikan mujair nantinya bisa subur.

Sementara itu, bersihkan lah kolam secara berkala, biasanya pembersihkan kolam dilakukan berkisar antara sebulan dua kali. Setelah dibersihkan kolam dan airnya pun diberikan vitamin untuk memberikan rasa segar pada ikan.

Baca Juga :   Air Tambak Budidaya Udang Bau, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Lebih lanjut, biasanya pada budidaya tersebut, ikan mujair dapat panen dalam waktu kisaran antara 5 – 6 bulan setelah penebaran benih. Adapun hasil panennya dinilai lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.