Kenali 3 Jenis Teknologi Alat Pertanian Beserta Fungsinya, Tergolong Modern Dan Bikin Mudah Petani

oleh -177 views
pexels-photo-2889440
Foto : Pexels

Panennews.com – Dalam bertani, tentunya sangat dibutuhkan alat-alat untuk mendukung kegiatan pertanian tersebut. Biasanya masih banyak di Indonesia alat pertanian tersebut masih sangat tergolong sederhana.

Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini yang tergolong semakin pesat. Alat pertanian ini semakin canggih dan tergolong modern serta sangat mempermudah petani dalam bertani, adapun jenis teknologi alat pertanian tersebut yang diantaranya.

Traktor

Mesin teknologi tersebut memang sangat dibutuhkan petani untuk mengolah lahan pertanian mereka. Traktor tersebut terbagi menjadi tiga bagian yaitu traktor tangan, traktor mini, dan traktor besar, untuk menggerakan alat teknologi yang satu ini maka diperlukan bahan bakar berupa bensin atau solar. Adapun fungsi dari traktor tersebut diantaranya untuk pengolahan tanah dan membajak sawah pada tanah basah atau pun kering.

Baca Juga :   Kehadiran Listrik, Tingkatkan Produktivitas Pertanian Di Ponorogo

Rotavator

Alat teknologi pertanian yang satu ini cenderung sama dengan alat traktor. Namun, rotavator mempunyai kelebihan bisa mengusir hama pada lahan pertanian, hal tersebut sangat memudahkan petani untuk mengolah lahan pertaniannya. Adapun fungsi dari mesin tersebut biasanya digunakan setelah mesin traktor pada pengolahan lahan pertanian pertama untuk memastikan tanah pertanian subur.

Cultivator

Alat yang satu ini sangat memudahkan petani untuk meminimkan waktu dalam bertani. Fungsi dari alat tersebut yaitu menyiapkan tanah sekunder agar hancur dan mempunyai tekstur tanah cenderung halus, biasanya alat ini digunakan pada lahan pertanian dengan tanah kasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.