Mengenal Pohon Gelam, Dengan Daunnya Penghasil Minyak Kayu Putih

oleh -583 views
gum-883549__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon gelam merupakan salah satu spesies pohon yang biasanya tumbuh alami di daerah hutan rawa. Pohon tersebut termasuk dalam keluarga suku jambu-jambuan yang telah banyak dikenal manfaatnya.

Pohon ini mempunyai nama Latin Melaleunca Leucadendra yang kerap tumbuh pada musim kemarau tetap. Pohon tersebut mempunyai percabangan-percabangan yang dinilain cenderung sedikit dan berbeda dengan pohon jenis lainnya yang tumbuh disekitar hutan.

Pohon gelam tersebut mempunyai ketinggian bisa mencapai kisaran 10 – 20 meter dengan kulit yang berlapis-lapis. Batang pohon tersebut tidak terlalu besar dengan warna putih cenderung abu, adapun batang pohon ini dilengkapi dengan serabut-serabut putih pada permukaannya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Sampaikan Komitmen Indonesia dalam Penanganan Perubahan Iklim di COP26

Selain itu, pohon ini pun mempunyai bunga berwarna putih pada kepalanya dan cenderung kuning pada badan bunganya. Bentuk bunga tersebut seperti lonceng dengan putik yang menjorok keluar pada masa pemekarannya dan sebelum mekar bunga tersebut menjorok ke dalam pada putiknya.

Sementara itu, daun yang terdapat pada pohon gelam ini mempunyai bentuk cenderung lonjong dengan tangkainya tergolong pendek. Lebar daun tersebut bisa mencapai kisaran 1 cm – 4 cm sedangkan panjangnya berkisar 4,25 cm dengan pangkal daun sedikit runcing, biasanya orang mengenal daun pohon gelam dengan sebutan daun kayu putih.

Baca Juga :   Kelahiran Ke-92, Orangutan Camelia Punya Momongan di Kalimantan Tengah

Lebih lanjut lagi, daun kayu putih terdapat sedikit bulu pada permukaannya yang sering mengeluarkan minyak ketika diperas, adapun warna daun tersebut yaitu hijau muda dan dari daun ini lah minyak kayu putih dihasilkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.