Gandum dan Oat Dikira Sama, Bedanya Apa ya?

oleh -254 views
oatmeal
Foto : Pexels

Panennews.com – Mungkin anda salah satu yang mengira gandum dan oat adalah jenis komoditi yang sama. Walaupun sama-sama termasuk dalam jenis tanaman serealia ternyata keduanya berbeda.

Gandum merupakan tumbuhan dengan nama latin triticum spp atau sejenis rerumputan. Adapun oat dengan nama ilmiah Avena Sativa termasuk yang diambil biji untuk diolah menjadi bahan pangan.

Lebih lanjut, gandum memang sudah sangat lazim dijadikan sebagai bahan pangan, khususnya untuk membuat roti, pasta, kue, maupun pancake. Dengan mengkonsumsi gandum diklaim dapat menurunkan resiko diabetes, menurunkan berat badan, dan menghindari resiko kanker.

Baca Juga :   Beras Porang Shirataki Madiun didorong Naik Pasar Global

Sementara itu, gandum tidak dapat langsung dimakan, melainkan harus diolah dengan campuran lainnya. Sedangkan oat lebih praktis dalam penyajiannya, cukup dengan air panas dan langsung bisa menikmatinya.

Oat sendiri mengandung banyak karbohidrat dan serat larut yang cukup baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, tumbuhan Avena Sativa ini baik untuk menjaga pencernaan di tubuh.

Selain itu, oat juga diketahui mengandung banyak vitamin, kalsium, zat besi, dan nutrisi lainnya yang memang baik untuk tubuh. Selain itu, protein yang terkandung di dalam oat ternyata lebih banyak dari pada gandum utuh.

Baca Juga :   Pasokan Menipis, Harga Tomat Melonjak Di Pasar Tradisional

Kebutuhan tubuh manusia rata-rata membuatuhkan serat sebanyak 25 gram. Adapun sajian semangkok oatmeal dapat mencukup kebutuhan serat harian yang setara dengan 2,5 mangkuk pepaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.