Rusli Abdullah Ketersediaan Pangan Di IKN Harus Di Perhatikan

oleh -39 views
panennews

Panennews.com- Gelar Fokus Grup Diskusi Panen News sororti Ketahanan Pangan di Ibukota Negara Baru, pada hari Kamis 17 Febuari 2022 Bertepat di warung Sadjoe Tebet Jakarta Selatan, acara yang di hadiri peserta secara langsung dan Onlain bertema :”Menilik Sektor Ketahanan Pangan IKN Nusantara “.

acara ini di gelar oleh Panen News  dalam serangakaian acara Anniversarry Ke 2 Tahun Media Agribisnis Indonesia Ini pada FGD ini di isi Prof. Dr Ir Dwi Andreas Santosa, MS selaku guru Besar Institute Pertanian Bogor dan Rusli Abdullah Peneliti INDEF di bidang Pangan .

Dalam kesempatan ini Rusli Abdullah sebagai Peneliti Ekonomi Pangan Indef menyoroti ketersedian Pangan Jika Ibu Kota Negara baru di kalimantan  di tetapkan bahwa dari segi wilayah dan transportasi sangat terbatas terkait Ibu Kota negara Baru.

Baca Juga :   Barantan Jayapura Sebut Food Estate Jagung Papua, Perkokoh Ekonomi Masyarakat

Jika Ibu kota di jakarta dalam mengalami permasalahan pangan di pulau Jawa ketersedian bahan pokok di tunjang dengan di sekitar Ibu Kota  Negara sedangkan kalimantan masih mengalami permasalah Transportasi nya bagaimana karena soal pendistribusian nya terkendala oleh transpotasi yang masih mengunakan laut sedangkan di kalimantan daerah penunjang di sekitar IKN masih meragukan soal ketersediaan dan dari infrastruktur nya masih di Ragukan.

Merurut Rusli Abdullah permasalahan IKN Ini akan serius Bahwa ketahanan pangan indikator Utamanya adalah ketersediaan Pangan itu sendiri apakah dalam memenuhi kebutuhannya akan mengadalkan Import karena dalam upaya jelas bahwa kalimantan kurang infrastruktur untuk menanamnya meskipun upaya usaha Food estate sudah di lakukan . bagaimana tatakelola dan infrastruktur nya jika pangan nanti berasal dari mana Apakah Import ataupun Lokal dari daerah di sekitar IKN.

Baca Juga :   Jadi Solusi BBM Naik, Pemerintah Siapkan Program Solusi Solar Untuk Nelayan

Rusli Abdullah Menegaskan bahwa Jika IKN Kedepan terjadi maka Bagaimana kewajiban kita (pemerintah ) Bahwa Ketersediaan Pangan Baik dari Segi kwalitas dan Kuantitas harus di perhatikan dan juga memperhatikan keberlangsungan soal lingkungan yang mencemarkan perlu di Perhatikan . menurutnya jangan sampai jika IKN Ini hanya menyebar beban yang di Pikul jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.