Macadamia, Kacang Termahal Di Dunia

oleh -559 views
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Adakah yang belum kenal dengan kacang Macadamia? Kacang termahal di dunia. Kacang Macadamia saat ini termasuk kacang termahal di dunia, bahkan harganya bisa mencapai 500 ribuan per-kg. Tak heran memang jika kacang berkulit keras ini menjadi kacang termahal di dunia, karena untuk menghasilkan kacang ini, pohon Macadamia butuh waktu 7-10 tahun lamanya.

Tak hanya waktu tanamnya yang lama, namun hal istimewa lain yang membuat kacang asli Australia ini mahal adalah karena 80% kandungan minyak di dalamnya. Minyak yang dihasilkan kacang Macadamia ini sering dijadikan alternatif untuk minyak mink (pelembab yang sangat baik untuk kulit) sehingga kacang ini biasanya dijadikan bahan campuran untuk shampo maupun kosmetik.

Baca Juga :   Festival Kopi Nusantara, Bantu Komoditas Kopi Lebih Naik Kelas

Meski terkenal sebagai kacang termahal di dunia, namun beberapa tempat di Indonesia ada yang berhasil membudidayakan kacang dengan rasa lembut tersebut, diantaranya Bondowoso dan Banjarnegara.

Tanaman ini biasanya akan tumbuh optimal pada ketinggian tanah sekitar 700mdpl hingga 1500mdpl. Bahkan pertumbuhan kacang dari jenis familia Proteaceae  di Indonesia ini dinilai lebih baik dibanding negara asalnya, karena di Indonesia Macadamia dibiarkan tumbuh alami tanpa teknik grafting seperti yang dilakukan di Australia.

Selain biasa dijadikan bahan untuk kosmetik, kacang yang mempunyai rasa enak ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, diantaranya bisa menurunkan faktor resiko penyakit jantung, kolesterol, mencegah kanker, mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, mencegah penambahan berat badan, dan tentunya mencegah lapar.

Baca Juga :   4 Jenis Produk Teh Yang Ada Di Indonesia, Apa Saja Itu?

Itulah kenapa kacang Macadamia ini mahal dan istimewa. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.