Ini Dia 3 Provinsi Produksi Kacang Tanah Terbesar di Indonesia

oleh -19 views
Kacang Tanah
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Siapa kiranya yang tak kenal dengan kacang tanah. Jenis tumbuhan dengan nama latin Arachis hypogaea L. ini adalah kelompok tanaman polong-polongan yang termasuk dalam suku Fabaceae. Tanaman ini biasa dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ataupun untuk kebutuhan industri.

Kacang tanah sendiri dikenal sebagai tanaman leguminosa biji (grain legume) yang dapat tumbuh di wilayah negara-negara tropis seperti di Asia, tak terkecuali di Indonesia. Bahkan, dengan suhu iklim yang mendukung di wilayah Indonesia, dapat dikatakan bahwa semua provinsi di Indonesia sangat berpotensi menjadi lahan subur untuk perkembangan jenis kacang ini.

Maka tak heran di tahun 2012 saja, menurut data dari Food and Agriculture Organization (FAO), Indonesia merupakan negara produsen terbesar ke-tiga setelah India dan Tiongkok. Besaran lahan luas area panen yang ada di Indonesia tahun 2012 dapat mencapai sekitar 559.000 ha.

Di sisi lainnya permintaan pasar komoditas ini juga cenderung stabil dan kontinu serta tidak mengenal musim. Maka dari itu sebenarnya hal ini dapat menjadi peluang yang cukup besar bagi Indonesia dalam kancang perdagangan Internasional jenis komoditas kacang tanah.

Lalu di provinsi mana saja produktivitas kacang tanah ini dapat tumbuh subur dan banyak ? Menurut data di Kementerian Pertanian tahun 2018 ada 3 provinsi dengan produksi terbesar diantaranya :

Provinsi ke-tiga dengan tingkat produksi kacang tanah terbesar di Indonesi yaitu Jawa Tengah. Di tahun 2018 produksi kacang tanah di provinsi yang terletak di Pulau Jawa sebesar 94,291 ton. Hal ini meningkat sekitar 3,35% dari tahun sebelumnya yang mencapai sekitar 91,234 ton.

Lebih lanjut provinsi ke-dua yaitu DI Yogyakarta dengan tingkat produksi mencapai sekitar 107,376  ton. Tahun 2018 meningkat cukup baik dibanding dengan tahun 2017 yang berkisar 79,908 atau naik sekitar 34.37 %.

Adapun provinsi dengan tingkat produksi kacang tanah terbesar di Indonesia yaitu Jawa Timur yang mencapai 150,180 ton di tahun 2018. Walaupun pada tahun 2017 di  Jawa Timur produksinya lebih baik yaitu 153,216 ton, tetapi tetap menjadi yang terbesar di Indonesia.

Untuk total produksi kacang tanah sendiri secara keseluruhan di Indonesia pada tahun 2018 sebesar 512,198 ton atau meningkat rata-rata sekitar 3,38 persen dibanding tahun sebelumnya.