Burung Betet, Salah Satu Burung Idaman Para Kolektor

oleh -15 views
Betet
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Burung Betet, sekilas tampak seperti burung kakak tua. Burung ini adalah satu jenis burung yang memiliki banyak penggemar. Red Breasted Parakeet adalah nama lainnya atau terkadang juga bisa disebut dengan burung ekek, karena suara kicauan khasnya yaitu “kreek, kreek, kreek”
.
Bernama latin Psittacula alexandri, burung ini sejenis dengan burung suku bayan. Tampilan yang indah serta cerdas menjadikannya primadona di kelasnya. Beberapa pemilik melatih suara burung ini agar merdu.

Burung Betet memiliki bulu yang didominasi dengan warna hijau dengan sedikit merah dan abu-abu di bagian pipi. Kepalanya besar serta paruh bengkok dan kuat, Kakinya pendek dengan dua jari menghadap ke bawah. Ukurannya pun hanya berkisar 34 cm.

Baca Juga :   Mengenal Burung Tledekan dan Karakteristiknya

Februari hingga Juni adalah masa kawin dari burung ini. Mereka akan membuat sarang pada cabang pohon mati atau berlubang. Jenis ini jarang menggunakan pohon hidup sebagai sarang. Burung pun hanya bertelur 2-3 telur dan diinkubasi selama 23 hari.

Di Indonesia, terdapat banyak subspesies yang menyebar ke seluruh pelosok, antara lain Psittacula alexandri abbotti (Kepulauan Andaman), Psittacula alexandri alexandri (Jawa, Bali, dan Kalimantan Selatan), Psittacula alexandri perionca (Nias), dan sebagiannya.

Beberapa ras Burung Betet ada dalam kemungkinan punah akibat perdagangan hewan. Beberapa spesies masuk dalam kategori dilindungi. Oleh karena itu, mari lestarikan habitat asli mereka.

Komentar