Baobab, Tumbuhan Obat Herbal Yang Mulai Langka

oleh -7 views
Baobab
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Baobab merupakan salah satu jenis tumbuhan yang biasa hidup secara liar, tetapi tidak di semua tempat. Pada awalnya tumbuhan ini hanya terdapat di benua Afrika saja, tetapi lambat laun semakin berkembang hingga ke berbagai negara.

Bentuk pohonnya sangat lebat dan rimbun. Tumbuhan dengan nama ilmiah Adansonia digitata ini memiliki manfaat sebagai obat tradisional. Baik itu daun ataupun buahnya, semua memiliki kandungan manfaat yang melimpah.

Ciri fisik yang tampak dari tumbuhan ini adalah bagian batang pohonnya tampak sangat besar, tetapi hanya di sisi bawah. Pada sisi atas, ukurannya terlihat normal. Daunnya sangat lebat dengan bentuk menyirip majemuk.

Baca Juga :   Kedawung, Tanaman Raksasa yang Menyimpan Khasiat

Tumbuhan baobab banyak ditemukan di daerah hutan, seperti kawasan hutan Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk Pulau Jawa, hanya terdapat beberapa jumlah saja. Namun, orang yang tertarik untuk membudidayakan pohon ini juga cukup banyak.

Lahan yang dibutuhkan untuk proses penanamannya haruslah subur atau gembur. Untuk curah hujannya, tumbuhan ini juga sangat membutuhkan. Diperlukan sekitar 1000-2000 mm curah hujan setiap tahunnya agar pohon ini bisa tumbuh dengan baik.

Meski keberadaannya sudah mulai langka, apabila menyusuri beberapa hutan di pulau besar Indonesia, maka bisa menemukan tumbuhan satu ini. Terkadang, orang-orang juga banyak yang berusaha untuk mengambil bibit baobab dan menanamnya sendiri di rumah

Komentar