Pakan Terbaik untuk Merpati yang Menunjang Pertumbuhan

oleh -15 views
Burung Merpati
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Memberikan pakan terbaik untuk merpati adalah hal yang wajib bagi pecinta atau peternak burung Merpati. Pakan yang diberikan tidak boleh sembarangan karena pakan akan sangat mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembang burung Merpati.

Peternak atau pecinta burung Merpati biasanya akan memberikan jagung, kacang hijau atau beras merah. Selain mudah didapatkan dan harganya yang relatif murah, makanan-makanan tersebut juga mempunyai banyak manfaat bagi burung Merpati.

Jagung dipilih sebagai pakan merpati karena jagung mengandung jumlah karbohidrat yang cukup banyak. Sehingga, Jagung sangat cocok untuk burung Merpati karena asupan karbohidrat tinggi pada jagung dapat menunjang dan mengoptimalkan stamina si burung.

Kacang hijau atau biji-bijian lainnya biasanya juga dipilih pecinta dan peternak merpati karena kacang hijau merupakan sumber protein terbaik dengan kandungan 24% protein. Selain itu, kacang hijau dan biji-bijian lainnya juga mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk proses pertumbuhan merpati.

Selain jagung dan kacang hijau, beras merah juga merupakan salah satu makan terbaik bagi merpati. Beras merah dipilih karena beras merah mempunyai khasiat seperti meningkatkan stamina, mengatasi kelelahan merpati, menguatkan organ merpati dan sangat baik untuk pencernaan.

Pemilihan pakan terbaik untuk merpati juga harus disesuaikan dengan usia merpati tersebut. Setidaknya dalam sehari merpati bisa diberi 1-2 kali makan. Dengan porsi anakan diberikan 5-10 gram per ekor, merpati remaja diberikan 25 gram per ekor serta merpati dewasa diberikan 40 gram per ekor.