Dalam Sehari, Warga Perairan Jatigede Bisa Tangkap Lobster Hingga 30 Kilogram

oleh -7 views
kkp-gandeng-kejagung-untuk-kawal-implementasi-aturan-tata-kelola-lobster
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Udang lobster kini menjadi salah satu komoditi unggulan perairan Jatigede, hasil tangkapan warga sehari rata rata bisa mencapai 30 kg – 50 kg.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang, Rudi Hadian, mengatakan kalau saat ini sudah banyak warga yang sengaja mencari udang lobster di perairan Jatigede.

“Harganya memang menggiurkan per kg nya saat ini antara Rp. 80.000 – Rp. 90.000 dan kebutulan di Wado ada yang menampungnya sebelum dikirim ke Jakarta,” jelas Rudi, Senin (01/07/2024).

Baca Juga :   Dorong Kualitas Garam Bima Pemprov NTB Kerjasama dengan Universitas Trunojoyo

Menurut Rudi keberadaan udang lobster di perairan bendungan Jatigede ini memang sengaja disebar pihak Diskanak Sumedang.

Lebih lanjut, adapun maksud dan tujuannya agar benih lobster tersebut ke depan bisa bermanfaat bagi ekonomi masyarakat. Khususnya warga yang berada pada perairan Jatigede.

” Diskanak Sumedang sengaja menyebar benih lobster di perairan Jatigede dan saat ini sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Rudi.

Selain itu, Rudi juga menyebutkan perairan Jatigede memang cocok untuk lobster air tawar sehingga tak aneh bila perkembangbiakan lobster di perairan Jatigede berkembang dengan pesat.

Baca Juga :   Menteri Trenggono Sebut PNPB Untuk Kepentingan Nelayan

Lebih jauh, dikatakan Rudi dengan banyaknya lobster yang dihasilkan dari perairan Jatigede saat ini menjadikan lobster sebagai salah satu komoditi unggulan Jatigede apalagi harganya juga cukup tinggi.

“Banyaknya lobster yang ditangkap dan dihasilkan oleh perairan Jatigede tentunya memiliki peran penting dalam mendongkrak ekonomi warga. Pasalnya, lobster memiliki harga jual cukup tinggi” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.