Komisi IV : Pembinaan Pelaku Usaha, Tingkatkan Ekspor Ikan Hias Arwana

oleh -5 views
Ilustrasi Ikan Arwana Super Red
Ilustrasi Ikan Arwana Super Red - Foto : pinterest

Panennews.com – Produksi ikan hias air tawar telah menjadi mata pencaharian yang penting bagi masyarakat, hal itu karena telah memberikan banyak keuntungan.

Dimana potensi ekonomi dari ikan hias dapat lebih tinggi dibanding dengan ikan konsumsi. Hal ini terlihat dari nilai ekspor ikan hias di Indonesia yang mengalami tren positif dan mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan hal itu, Anggota Komisi IV DPR RI Salim Fakhry memberikan apresiasi kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta pihak swasta, khususnya terhadap Aquazone Indonesia yang berperan dalam perkembangan ekspor ikan hias Indonesia.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Aquazone (dalam mengekspor ikan hias) merupakan contoh yang baik. Mudah-mudahan usaha seperti ini bisa diperbanyak, tumbuh, dan berkembang di Indonesia,” jelas Salim Fakhry kepada Parlementaria usai peninjauan ornamen fish di Aquazone Indonesia dalam kunjungan kerja spesifik Komisi IV DPR RI ke Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/06/2024).

Baca Juga :   Cara Mudah Budidaya Pepaya Untuk Pemula, Tumbuh Subur Dan Cepat Panen

Untuk itu, Politisi Fraksi Partai Golkar ini pun berharap agar nantinya para pelaku dan pembudidaya ikan hias air tawar dapat diberikan modal usaha, pendidikan, serta pelatihan.

Hal itu guna menjawab tantangan Indonesia menjadi eksportir terbesar ikan hias di dunia. Mengingat potensi kekayaan ikan endemik yang dimiliki Indonesia, seperti arwana super red/gold/silver, arwana Harding, botia dan jenis ikan lainnya yang diminati masyarakat dunia.

“Kami berharap para pelaku usaha ikan hias ini ke depannya bisa dibina, dilatih, bahkan apabila memungkinkan juga diberi modal usaha. Mengingat usaha ikan hias ini dapat bertumbuh kembang dengan sangat bagus dan mampu meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan hias Indonesia,” tambah Salim.

Baca Juga :   Intip Yuk Alat Navigasi Canggih AIS Yang Wajib Dipasang Pada Kapal

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulitiyo dalam laporannya menyebutkan peluang Indonesia menjadi eksportir ikan hias peringkat pertama dunia masih terbuka dengan pertumbuhan ekspor yang terus meningkat lebih besar dibandingkan Jepang.

“Dalam upaya mengembangkan industri ikan hias dunia tersebut, KKP telah dan akan terus melaksanakan kegiatan pengembangan standar ikan hias, pembinaan pelaku usaha ikan hias, fasilitasi promosi melalui pameran dan kontes ikan hias, termasuk mendorong indikasi geografis pada ikan hias Indonesia,” ungkapnya.

Untuk diketahui, sebagai negara pengekspor ikan hias utama dunia, ekspor Indonesia pada periode tahun 2018 – 2023 mengalami peningkatan, dari USD 32,23 juta pada tahun 2018 menjadi USD 39,06 juta pada tahun 2023, dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 4,1% per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.