Jelang Idul Adha, Stok Beras Di Gudang Bulog Brebes Relatif Aman

oleh -10 views
WhatsApp-Image-2023-12-15-at-4.26.04-PM-1536x1152
Foto : Dok. Perum Bulog

Panennews.com – Menjelang Idul Adha 1445 Hijriyah, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum memastikan ketersediaan beras di Brebes melimpah, sehingga stok aman hingga dua bulan ke depan.

Kepastian tersebut disampaikan Iwanuddin usai melakukan peninjauan bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Brebes, Aisten Sekda Bidang Ekbang Setda Brebes, Plh Kepala Dinkopumdag Brebes dan di Gudang Bulog Cimohong, Kecamatan Bulakamba, Rabu (05/06/2024) siang.

Menurut Iwan, ketersediaan beras di Gudang Bulog mencukupi kebutuhan. Persediaan beras di Gudang Bulog Cimohong masih sekitar 5.600 ton sedangkan kebutuhan beras untuk Kabupaten Brebes sekitar 2.300 ton.

Baca Juga :   Panen Raya di Maros, Bulog dan Kostraling Sinergi Serap Gabah

Sehingga masih ada surplus untuk dua setengah bulan ke depan dan persediaan akan terus disuplai jika stok di gudang mulai menipis.

“Jadi persediaan beras ini akan di in out terus, kualitas beras juga selalu baru, harganya terjangkau, dan yang paling penting lagi adalah ketersediaan beras di Brebes ini akan dipenuhi,” ungkapnya.

Iwan menyebutkan, kalau saat ini harga beras di pasaran mencapai Rp12 ribu per kilogram (Kg). Sedangkan harga dari Perum Bulog sekitar Rp11 ribu per kg.

Namun jika harga beras mengalami kenaikan, pemerintah daerah akan melakukan operasi pasar di sejumlah titik. Pihaknya pun memastikan persediaan beras untuk Kabupaten Brebes masih sangat aman.

Baca Juga :   Tantangan Makin Kompleks, Jokowi Ingatkan Presiden Selanjutnya Harus Jaga Harga Beras

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bulog Tegal Anna Marianofa mengatakan, ketersediaan beras di gudang-gugang Bulog di wilayah eks Karesidenan Pekalongan hingga saat ini masih relatif aman. Persediaan beras ini akan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat hingga dua sampai tiga bulan ke depan.

“Mulai dari wilayah Brebes sampai Batang relatif aman. Kami minta masyarakat tidak perlu panik karena stoknya cukup, baik untuk bantuan pangan maupun operasi pasar. Stok untuk Gudang Cimohong sekitar 5.600 ton, dan untuk stok keseluruhan 26.000 ton,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.