Jarang Diekspos, Daun Hijau Ini Ternyata Bisa Jadi Pakan Alami Ikan Lele

oleh -10 views
Group of African Sharptooth Catfish (Clarias gariepinus)
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pakan memiliki peranan penting dalam budidaya ikan, termasuk budidaya ikan lele. Ada sejumlah pakan lele yang dapat meningkatkan produktivitas, salah satunya pakan daun hijau.

Daun hijau biasanya jadi pakan alami ternak, namun daun tersebut tak jarang juga kerap digunakan pembudidaya untuk pakan alami ikan lele. Adapun jenis pakan daun hijau tersebut diantaranya.

Daun Pepaya

Ikan lele sangat menyukai daun pepaya, karena teksturnya yang mudah dicerna oleh ikan tersebut. Di samping itu, daun pepaya juga mengandung zat yang dapat membantu dalam proses meningkatkan produktivitas ikan. Oleh sebab itu, daun pepaya dipercayai bisa jadi pakan alami bagi ikan lele budidaya.

Baca Juga :   Kembangkan Sistem Pendongkrak Panen Ikan, Anak Petani Sragen Diganjar Penghargaan Dunia

Daun Singkong

Selain daun pepaya, daun singkong juga tergolong ampuh dalam meningkatkan produktivitas ikan. Pasalnya, daun ini mengandung senyawa nutrisi dan vitamin dalam jumlah yang banyak. Selain itu, daun ini juga sangat mudah diproses pada pencernaan ikan tersebut. Biasanya daun singkong jadi pakan alternatif ternak, namun karena kandungan vitaminnya yang potensial. Daun ini bisa jadi pakan alami bagi ikan lele.

Kangkung

Jenis sayuran hijau ini terbukti efektif dalam mendongkrak produktivitas lele. Hal itu karena dalam kangkung mengandung karbohidrat alami, sehingga tumbuh kembang terjaga. Selain itu, lele juga sangat menyukai sayuran jenis kangkung ini. Di samping itu, mudah ditemukan keberadaannya hingga harga yang terjangkau jadi nilai tambah kangkung sebagai pakan ikan lele.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.