Benarkah Buah Takokak Bisa Mencegah Penyakit Jantung Dan Kanker

oleh -8 views
istockphoto-1407166860-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Buah takokak merupakan bagian dari tanaman takokak yang tumbuh secara subur pada wilayah iklim tropis. Biasanya jenis buah ini dapat digunakan sebagai lalapan atau bahan sayuran.

Meski berukuran kecil, buah ini mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis. Adapun manfaat dari buah takokak tersebut diantaranya.

Mencegah Resiko Kanker

Kandungan antioksidan seperti solanin dan solasodin dalam buah takokak dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit kanker dengan menghambat pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Selain itu, senyawa antioksidan ini juga cenderung aktif berperan dalam meredakan dan mengatasi penyakit kanker pada tubuh seseorang. Dengan begitu, buah ini sangat bermanfaat dalam melawan dan mencegah resiko kanker.

Baca Juga :   Jarang Diekspos, Ini 3 Manfaat Daun Mangkokan Untuk Kesehatan

Memelihara Kesehatan Pencernaan

Nutrisi pada buah takokak dapat mengobati sistem pencernaan tubuh dan mengatasi wasir. Pasalnya, kandungan serat yang tinggi dalam buah tersebut cukup ampuh menetralisir sistem pencernaan pada tubuh. Selain itu, buah ini juga terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan pada lambung. Oleh sebab itu, buah takokak ini juga sangat berperan aktif dalam menjaga dan memelihara kesehatan pencernaan.

Mencegah Penyakit Jantung

Selain mencegah kanker, buah takokak ini juga bisa jadi pencegahan penyakit jantung. Pasalnya, buah berukuran kecil ini mengandung senyawa tannin hingga saponin. Kandungan senyawa tersebut cukup aktif dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh seseorang. Selain itu, buah tersebut juga mengandung senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai memelihara kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.