Smesco Buka Peluang Produk Kuliner UMKM Masuk Pasar Inggris

oleh -14 views
thumb_1711946080_59
Foto : Dok. Kemenkop UKM

Panennews.com – Kesempatan bagi produk kuliner UMKM untuk masuk pasar internasional, khususnya Inggris Raya.

Tampaknya semakin terbuka lebar saat Smesco Indonesia menggandeng Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris untuk Indonesia mengangkat kuliner UMKM dalam ajang Halal Expo yang rutin digelar di Inggris.

“Ada satu permintaan dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang disampaikan dan di follow up British Embassy di Indonesia sampai sekarang, yaitu bagaimana caranya produk makanan Indonesia, terutama makanan halal Indonesia bisa masuk ke Inggris Raya,” kata Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (03/04/2024).

Wientor menyebutkan, salah satu hal yang sebetulnya cukup menarik adalah di Inggris ada ajang Halal Expo dan itu salah satu yang terbesar.

“Dan Smesco sebetulnya sudah didorong terus oleh teman-teman dari British Embassy untuk memasukan produk UMKM ke Halal Expo,” ujar Wientor.

Baca Juga :   Selendang Mayang, Kuliner Khas Betawi Hiasi Event CelebrASEAN 2023

Ditambahkan Wientor, Smesco memiliki informasi bahwa Halal Expo yang ada di Inggris itu bagus sebagai titik masuk ekspor produk kuliner Indonesia, ke dalam jejaring rantai pasok yang lebih luas yaitu Eropa dan Halal Expo banyak juga dihadiri buyer dari Afrika.

“Tantangan ekspor produk kuliner UMKM ke Inggris Raya yang utama adalah food safety-nya. Standar keamanan pangannya harus betul-betul diterapkan baru kita bisa masuk ke dalam Halal Expo di Inggris, kita coba dobrak, ini pasar yang luar biasa besar,” tutur Wientor.

Bahkan, Head of Low Carbon, British Embassy of Indonesian Lanto Jones mengungkapkan,, kolaborasi antara Smesco Indonesia, British Embassy, dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), diharapkan mampu menghasilkan sinergi bagi industri makanan dan minuman Indonesia. Terutama, dalam konteks pengembangan pasar internasional dan peningkatan kualitas produk.

“Sebagai prioritas, Inggris dan Indonesia berupaya meningkatkan investasi dan perdagangan yang memiliki potensi ekonomi berkelanjutan untuk memacu kemakmuran, meningkatkan lanskap bisnis global, dan memperkuat hubungan bilateral kedua negara,” ujar Ianto Jones.

Baca Juga :   Cokelat Artisan Jadi Fokus Pengembangan Industri Pengolahan Kakao

Sementara itu, Manager Program Future Citiies, FCDO Kedutaan Inggris Raya Barikatul Hikmah Albar Salim menambahkan, tantangan bisnis yang dihadapi bagi kedua negara adalah ketika UMKM akan memasukkan produk ke Inggris.

Isu terberat adalah tentang standar keamanan pangan yang diberlakukan otoritas Inggris, sementara pengusaha Inggris saat memasukan barang ke Indonesia titik beratnya lebih ke ketentuan mengenai halal.

“Dari Inggris sendiri sudah menjelaskan, UMKM atau perorangan itu bisa masuk ke pasar UK, selama persyaratannya terpenuhi. Jadi, UMKM ini kebanyakan perorangan dan skalanya kecil, itu ada potensi untuk bisa masuk UK. Diharapkan Smesco bisa bisa mendorong UMKM untuk mencoba memasuki pasar UK yang awalnya dari Trade Expo itu dulu,” kata Barika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.