Beras Menurun, Tomat di Mataram Justru Harganya Naik

oleh -3 views
buah_tomat
Foto : Panen News

Panennews.com – Di tengah turunnya harga beras di pasaran, sejumlah komoditas pangan justru masih mahal. Salah satunya yang menarik perhatian masyarakat adalah komoditas tomat yang kini mencapai Rp 30 ribu per kilogram.

Ratminah, salah seorang pedagang di Pasar Kota Mataram misalnya menyebutkan, kenaikan harga masih terjadi lantaran permintaan yang cukup tinggi. Hal tersebut dinilainya biasa terjadi ketika momen-momen hari besar keagamaan, termasuk bulan puasa.

Ia mencontohkan, beras yang sebelumnya harganya mahal karena barangnya sedikit tapi yang mau beli banyak. Sekarang mulai turun karena sudah mulai ada panen.

Selain itu, harga tomat menurutnya saat ini harganya sudah mulai naik sejak hari pertama Ramadan. Kenaikan tersebut lantaran pasokan tomat yang masuk semakin menipis. Harga jual saat ini rata-rata di kisaran Rp 28-30 ribu per kilogramnya. Pembeli tetap banyak, karena mungkin memang kebutuhan dapur.

Baca Juga :   Program Pintu Incubator Dorong UMKM Kuasai Pasar Global

“Sebelum Ramadan, harga tomat memang sudah mengalami fluktuasi. Harga jualnya sempat berada di kisaran Rp 14 ribu per kilogram. Namun lantaran banyaknya permintaan ketika memasuki Ramadan, harganya melonjak menjadi Rp 30 ribu. Banyak pembeli yang mengeluh tapi mau bagaimana lagi, stoknya tidak banyak,” ungkapnya Senin, (25/3/2024).

Dinas Perdagangan NTB mencatat terhadap harga bahan pokok di 10 kabupaten/kota NTB per 20 Maret 2024, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan dan penurunan harga.

Kenaikan harga terjadi pada komoditas minyak goreng, telur ayam, ikan kembung, bawang putih, bawang bombay, udang segar, timun dan kacang tanah. Kenaikan harga tertinggi terjadi pada bawang putih kating sebesar Rp 2.350, yakni dari Rp 36.250 menjadi Rp 38.600 per kilogram.

Baca Juga :   Masih Produk Impor, DPD RI Minta Pemerintah Atur Tata Niaga Kedelai

Sedangkan penurunan harga terjadi pada komoditas beras medium, semua jenis cabai, bawang merah, gula pasir, daging ayam, ikan tongkol, ikan teri, tomat, dan kacang hijau.

Penurunan paling besar terjadi pada komoditas cabai merah keriting sebesar Rp 4.417, yakni dari Rp 60.167 menjadi Rp 55.750 per kilogram. Disusul cabai merah besar sebanyak Rp 4.283, yakni dari Rp 52.950 menjadi Rp 48.667 per kilogram. Sementara tomat mengalami penurunan harga dari Rp 30.150 menjadi Rp 28.900 per kilogram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.