Bisa Gagal Panen, Ketahui Deretan Hama Ikan Bandeng Yang Meresahkan

oleh -63 views
Sambut Harkannas Ajak Makan Ikan2
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Dalam budidaya ikan bandeng tentunya tidak terlepas dari serangan hama atau pun penyakit yang begitu amat meresahkan. Terlebih, jika bandeng terserang berbagai jenis hama tentunya bisa menyebabkan produksi terhambat hingga gagal panen.

Agar tidak terjadi hal tersebut, ketahui lah jenis-jenis hama yang dapat menyerang ikan bandeng budidaya. Adapun jenis-jenis hama tersebut antara lain.

Keong Kecil

Meski tidak menyerang bandeng secara langsung, namun keberadaan keong kecil pada sekitar kolam budidaya dapat mengganggu produktivitas ikan bandeng. Pasalnya, air kolam budidaya dapat tercemar menjadi kotor akibat keberadaan keong kecil tersebut. Oleh sebab itu, kolam yang tercemar biasanya dapat menyebabkan ikan bandeng terganggu produktivitasnya hingga menyebabkan gagal panen.

Baca Juga :   Lele, Ikan Populer Untuk Dibudidayakan

Ular Air

Jenis hama ini biasanya dapat memangsa ikan bandeng secara langsung pada tambak budidaya bandeng. Selain itu, hama ular air ini juga tak segan-segan dapat memangsa ikan bandeng sekaligus atau dalam jumlah yang banyak. Dampaknya, ikan bandeng akan berkurang dan bisa menyebabkan gagal panen. Ini merupakan jenis hama yang paling berbahaya bagi ikan bandeng.

Musang Air

Hama ini menyerang ikan bandeng secara berkelompok, sehingga menyebabkan ikan bandeng mati dan tentunya berkurang jumlahnya. Selain itu, jenis hama tersebut juga dapat membuat ikan bandeng merasa takut dan stres. Dengan begitu, jika ikan bandeng terserang hama ini tentunya akan mengakibatkan gagal panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.