Tak Hanya Sidak, Komisi VI Minta Perkuat Koordinasi Lembaga Atasi Kenaikan Harga Bapok

oleh -18 views
minyak goreng curah_3
Foto : Panen News

Panennews.com – Indonesia akhir-akhir ini sedang dihadapkan pada berbagai persoalan seputar harga kebutuhan bahan pokok (Bapok) masyarakat yang melambung tinggi.

Dari mulai kelangkaan, kenaikan harga, minyak goreng, cabai, gula, daging sapi, hingga kacang kedelai yang membuat pengusaha tahu dan tempe berhenti berproduksi.

Salah satu hal yang dilakukan oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan untuk mengendalikan harga di pasaran adalah melakukan sidak langsung ke pasar tradisional.

Melihat langkah Mendag tersebut, Anggota Komisi VI DPR RI Muslim mengapresiasi langkah Menteri Perdagangan dalam mengawasi harga kebutuhan pokok di masyarakat dengan cara sidak ke pasar-pasar tradisional untuk melihat langsung harga di pasar.

Baca Juga :   Kendalikan Laju Inflasi, Pasuruan Manfaatkan Dana Untuk Membeli Bibit Cabai

Lebih lanjut, langkah tersebut dinilai cukup baik, meski ada beberapa hal yang masih perlu dilakukan Kementerian Perdagangan.

Langkah konkret mengendalikan kenaikan harga kebutuhan barang pokok tidak cukup hanya dengan melakukan sidak ke pasar tradisional. Melainkan, juga harus ada skema koordinasi yang jelas dari tiap Kementerian/Lembaga yang berkaitan dengan persoalan pangan.

“Salah satu langkah yang dilakukan oleh Pak Menteri ketika harga-harga barang kebutuhan pokoknya naik adalah sidak pada pasar-pasar tradisional. Saya melihat langsung cukup bagus, tapi kadang-kadang setelah Pak Menteri sidak ini tiba-tiba barangnya ini hilang lagi Pak Menteri. Ini real, kenyataan,” ungkapnya dalam Raker dengan Mendag Zulkifli Hasan, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Baca Juga :   Jelang Nataru, Harga Daging Sapi Dan Cabai Masih Tinggi Di Yogyakarta

Untuk itu, ia pun berharap Kementerian Perdagangan dapat melakukan langkah-langkah konkret dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di dalam negeri.

Salah satunya adalah dengan memperkuat koordinasi dengan Bapanas (Badan Pangan Nasional) dan kementerian/lembaga terkait lainnya.

“Saya pikir ini bukan hal yang baru. Kita harapkan ada langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh pihak Pemerintah. Yang kedua, tentu untuk menyikapi itu semua tentu kita harapkan ada satu skema koordinasi Pak Menteri yaitu berkaitan juga konsolidasi dengan lembaga khususnya lembaga atau badan terkait ya terutama di Badan Pangan Nasional,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.