Jangan Salah, Ini Perbedaan Jagung Manis Dan Jagung Pakan Ternak

oleh -38 views
jagung manis
Ilustrasi Jagung Manis - Foto : Freepik/@jcomp

Panennews.com – Jagung manis dan jagung pakan merupakan dua varietas jagung pertanian yang kini tengah ramai dibicarakan kalangan masyarakat.

Pasalnya, banyak orang menganggap kedua jagung tersebut memiliki ciri yang sama.

Namun, faktanya kedua jenis jagung tersebut pun lumayan berbeda yang dimulai dari ciri, penampilan, hingga rasanya. Oleh sebab itu, jangan sampai salah untuk membedakannya.

Cara mudah dalam membedakan kedua jagung tersebut diantaranya, jagung manis lazimnya memiliki biji berwarna kuning cerah.

Biasanya bentuk biji jagung manis mempunyai ukuran lebih besar, adapun bentuknya ini justru berbanding terbalik dengan bentuk biji jagung pakan.

Baca Juga :   Beli Jagung Petani, Pemkab Lombok Timur Gelontorkan Anggaran Puluhan Miliar

Sedangkan jagung pakan memiliki biji berwarna kuning pucat yang cenderung putih, warna biji jagung ini tidak lebih cerah dibandingkan jenis jagung manis.

Lebih lanjut, adapun jagung pakan untuk ternak ini mempunyai biji jagung yang cenderung lebih kecil daripada biji jagung manis.

Selain itu, perbedaannya juga terletak pada tekstur hingga rasanya. Biasanya biji jagung manis memiliki tekstur lebih empuk, lembut, serta mudah dihancurkan.

Sedangkan biji jagung pakan mempunyai tekstur biji yang lumayan keras, sedikit kasar, dan juga cukup terbilang susah untuk dihancurkan.

Baca Juga :   Kemenkop UKM Siap Dukung Pembangunan Pabrik Olahan Kelapa Sawit

Sementara itu, mengenai rasa dari kedua jagung tersebut. Biasanya biji jagung mempunyai rasa yang manis, rasa manisnya ini karena jagung manis mengandung sejumlah gula alami yang bermanfaat bagi kesehatan.

Lebih jauh, sedangkan jagung pakan memiliki cita rasa yang lebih tawar, tidak ada rasanya, hingga tidak memberikan sensasi apapun. Oleh karena itu, kedua jenis jagung ini tentu memiliki perbedaan yang cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.