Demi Kesejahteraan Petani, Komisi IV Sebut Program Food Estate Harus Dioptimalkan

oleh -17 views
Pertanian
Foto : Getty Images

Panennews.com – Hilirisasi hasil panen program food estate perlu menjadi perhatian bagi pemerintah untuk kesejahteraan banyak petani Indonesia.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Komisi IV DPR RI adalah dengan mengemas gabah hasil panen menjadi beras premium agar nilai jual produk menjadi lebih tinggi. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Kunker Spesifik Komisi IV ke Pulang Pisau, Djarot Saiful Hidayat.

“Dari hasil evaluasinya progresnya cukup baik dan program ini membawa banyak manfaat ya. Meskipun ada beberapa yang perlu segera ditindaklanjuti. Satu adalah hilirisasi, supaya hasil panen di sini langsung bisa diolah disini, dari gabah menjadi padi yang premium, yang bagus. Tinggal beras premium kita pack yang bagus sehingga harganya bisa semakin meningkat. Nah ini dulu hilirisasinya ya.” ujar di Kalimantan Tengah, Minggu, (10/09/2023).

Baca Juga :   Mentan SYL Ajak Mahasiswa Petani Milenial Masuk Bisnis Pertanian

Lebih lanjut, menilik tren hasil produksi yang terus meningkat, Djarot mengingatkan pemerintah untuk betul-betul mengoptimalkan hilirisasi penting, agar kesejahteraan petani pengelola lahan food estate ini bisa terjamin.

Selain itu, Djarot juga meminta agar pemerintah tidak hanya fokus kepada peningkatan produksi saja, tetapi juga peningkatan nilai jual produknya.

“Produksinya naik ya, dari 2 ton sekarang sudah menjadi 3.5 jadi 4.5 ton. Bertahap, karena ini lahan asam pasang surut, gambutnya tipis. Sehingga kedepan semakin tahun akan produksinya akan semakin meningkat. Artinya apa? produksi meningkat, kesejahteraan petani akan meningkat. Apalagi kalau harganya bagus. Tadi kita tanya harga gabah kering panen Rp 7.000 berarti NPT (Nilai Tukar Petani) nya lebih dari 110,” terang Djarot.

Baca Juga :   Ribuan Hektare Komoditas Pertanian di Pati Terdampak Banjir

Lebih lanjut, Legislator itu juga menilai bahwa proses hilirisasi produk pangan itu harus bisa segera dicapai, mengingat secara distribusi sudah tidak ditemui hambatan lagi.

“Distribusinya bagus, karena sebelum adanya food estate ini petani sarapannya kesulitan untuk bisa membawa ke Palangkaraya ya karena jalannya buruk ya. Sekarang jalan sudah bagus ya. Sehingga dari sisi transportasi itu sangat bagus ini program Pak Jokowi sungguh luar biasa dan sangat membantu ya. Dulunya pakai melalui transportasi sungai dan itu harus dikirim ke Kalimantan Selatan” pungkas Djarot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.