KKP Perkuat Program Hilirisasi Komoditas Udang Di Kebumen

oleh -43 views
KKP Perkuat Program Hilirisasi Komoditas Udang di Kebumen 1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus memperkuat hilirisasi produk perikanan di wilayah Kebumen Jawa Tengah melalui penumbuhan wirausaha dan UMKM pengolahan diversifikasi produk udang.

“Kegiatan ini menjadi titik awal membangun ekosistem usaha udang terintegrasi hulu dan hilir antara pelaku usaha, lembaga keuangan, serta mitra lainnya, agar menjadi motor penggerak ekonomi di daerah,” ujar Dirjen PDSPKP, Budi Sulistiyo.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Budi juga mengajak perangkat daerah untuk terus menyosialisasikan proses perizinan dan sertifikasi usaha bisa dipercepat. Dia menyontohkan hadirnya gerai pelayanan usaha yang juga melayani akses permodalan.

Baca Juga :   Pastikan Ketersediaan Bawang Merah, Pemkab Brebes Jalin Kerja Sama Lintas Pulau

“Dukungan dari Dinas dalam hal ini juga sangat diperlukan, agar upaya untuk mendorong UMKM kelautan dan perikanan naik kelas dapat kita wujudkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Budi menyampaikan beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan bimbingan teknis Asisten Pengolah Ikan bagi siswa kelas XII dan alumni SMKN 1 Puring jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Kegiatan yang diikuti oleh 80 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi generasi muda dalam mengolah ikan, khususnya udang.

“Kemudian gerai pelayanan terpadu terkait fasilitasi akses pembiayaan, perizinan berusaha, sertifikasi kelayakan pengolahan yang diikuti lebih dari 100 pelaku usaha,” urai Budi.

Baca Juga :   KKP Siapkan Gernas BBI Di Maluku, Pamerkan Produk UMKM Hasil PIT

Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan Training of Trainer (ToT) pengembangan produk bernilai tambah. Lalu ada kegiatan pembinaan kelembagaan agar pelaku usaha dapat membentuk koperasi, salah satunya dalam rangka memudahkan akses terhadap pembiayaan.

“Kami tentu berharap jumlah UMKM yang berusaha di bidang pengolahan, khususnya udang dapat terus tumbuh dan berkembang, apalagi Kebumen ini menjadi salah satu sentra penghasil udang di masa depan,” tutup Budi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.