Ketahui 3 Manfaat Pohon Hutan Trembesi Bagi Lingkungan

oleh -36 views
istockphoto-1439333392-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon trembesi cukup banyak keberadaannya pada hutan-hutan tropis Indonesia. Pohon besar ini cukup banyak penyebarannya pada hutan Indonesia khususnya pada wilayah Pulau Jawa, Sumatera, hingga Kalimantan.

Keberadaan pohon trembesi ini bukan hanya sebagai pohon besar di hutan saja. Namun, pohon tersebut juga memiliki manfaat besar bagi lingkungan. Adapun manfaat pohon trembesi tersebut antara lain.

Bikin Udara Segar

Pohon hutan ini dapat membuat udara jauh lebih segar dari biasanya. Pasalnya, pohon trembesi ini mengeluarkan banyak oksigen hasil dari fotosintesis mereka. Selain itu, pohon tersebut juga dapat menyerap debu yang mengudara pada sekitar pohon. Oleh karena itu, pohon ini dapat membuat udara lebih segar dan sejuk.

Baca Juga :   Benarkah Hobi Minum Teh Bisa Memperpanjang Umur?

Menyerap Karbon Dioksida

Karbon Dioksida merupakan senyawa yang beracun bagi tubuh manusia jika terhirup dalam jumlah yang berlebihan. Pohon trembesi ini tergolong mampu menyerap senyawa beracun tersebut, biasanya pohon ini dapat menyerap karbon pada waktu pagi hingga siang hari. Selain itu, tak jarang juga penyerapan berlangsung pada sore hingga menjelang malam hari.

Menyerap Air

Selain menyerap karbon, salah satu manfaat pohon trembesi bagi lingkungan yaitu dapat menyerap air. Pohon ini cukup cepat dalam penyerapan air, biasanya air tersebut berasal dari air hujan hingga air sungai. Hal ini tentunya sangat berdampak dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.