Gondang, Spesies Pohon Hutan Tropis Yang Cukup Langka

oleh -99 views
(Prunus avium) on grass field isolated on white.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Gondang merupakan salah satu jenis pohon besar yang keberadaannya dapat dijumpai pada hutan wilayah tropis. Biasanya pohon tersebut dapat tumbuh pada ketinggian tanah berkisar antara 0 – 1000 mdpl.

Pohon dengan nama Ilmiah Vicus Varigieta Blume ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Moraceae. Adapun dikalangan masyarakat pohon ini dikenal dengan banyak sebutan yang dimulai dari Kondang, Kundang, hingga Montaha.

Secara morfologi, pohon gondang dapat tumbuh tinggi dalam ukuran yang berkisar antara 30 – 40 meter dengan diameternya mencapai kisaran 85 hingga 100 cm, adapun batang dari pohon ini memiliki permukaan licin dan tidak beralur. Biasanya batang dari pohon tersebut memiliki warna abu-abu hingga hitam pekat.

Baca Juga :   Pohon Bungur, Tanaman Cantik Hutan Tropis

Selain itu, pohon ini juga terdapat daun berwarna hijau yang memiliki sifat tunggal, biasanya daun pohon gondang ini berbentuk hati dengan ujung daunnya cenderung runcing. Adapun ukuran daun tersebut biasanya berkisar antara 9 hingga 12 cm dengan diameternya hingga kisaran 18 cm. Pada sisi daunnya, terdapat buah dengan bentuk bulat berwarna hijau dengan cita rasa manis cenderung asam.

Sementara itu, pohon gondang ini cukup banyak penyebarannya pada wilayah Asia Tenggara, adapun di Indonesia penyebaran pohon ini terdapat pada hutan yang meliputi daerah Pulau Jawa, Kalimantan, hingga Sumatera. Namun seiring banyaknya penebangan pohon secara liar dan sering terjadinya pembakaran hutan, menjadikan pohon ini cukup langka keberadaannya di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.