Garra Rufa, Spesies Ikan Yang Digunakan Untuk Terapi Kesehatan

oleh -384 views
Tench (Tinca tinca), also known as the doctor fish. Wild life animal.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ikan garra rufa merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki tampilan kecil dan juga menggemaskan. Jenis ikan ini umumnya dapat ditemukan pada wilayah Timur Tengah namun keberadaannya saat ini cukup banyak di Indonesia.

Ikan dengan nama Ilmiah Cyprinion Macrostomus ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Cyprinidae. Namun, pada sisi lain ikan ini pun sudah banyak dikenal dengan sebutan ikan dokter atau pun ikan terapis.

Secara morfologi, ikan garra rufa ini mempunyai bentuk tubuh silindris memanjang yang dilengkapi dengan sisik sedikit tajam, tubuhnya memiliki warna coklat cenderung hijau yang pada bagian perut terdapat warna kekuningan sedangkan dibagian pangkal ikan terdapat bintik hitam. Adapun ukuran ikan tersebut memiliki panjang yang berkisar antara 7,5 cm.

Baca Juga :   Mengenal Penyakit Velvet Pada Cupang, Mulai Dari Penyebab Hingga Gejalanya

Selain itu, ikan ini juga mempunyai sirip ekor yang cenderung bercagak, biasanya sirip tersebut dapat mengembang untuk melindungi diri dari serangan musuh-musuhnya. Adapun ikan ini memiliki bentuk mulut dan gigi seperti tapal kuda yang dinilai memiliki manfaat, biasanya mulut dari ikan ini mempunyai posisi cenderung interior.

Sementara itu, ikan ini dengan mulut dan gigitannya disinyalir dapat memberikan manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, mengangkat sel-sel kulit mati, meringankan gejala stres terlebih juga membantu pengobatan secara alami. Oleh karena itu, biasanya jenis ikan garra rufa ini dapat digunakan untuk proses terapi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.