Dandim 1621/TTS: Pompa Hidram Merupakan Salah Satu Wujud Kehadiran Negara Oleh TNI AD

oleh -18 views
Dandim 1621TTS, Letkol Inf Sobirin
Dandim 1621/TTS, Letkol Inf Sobirin saat meresmikan Pompa Hidram di Desa TopenKecamatan Molo Utara, Kabupaten TTS (Panennews.com/ Sony Taolin)

Panennews.com – Dandim 1621/ TTS, Letkol Inf Sobirin meresmikan Pompa Hidram di Desa Topen Kecamatan Molo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), NTT, Senin (20/2/2023).

Dalam sambutannya Letkol Inf Sobirin mengatakan Program Pompa Hidram ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara oleh TNI AD. Khususnya dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman melalui program TNI AD Manunggal Air yang dilaksamnakan Pangdam IX/Udayana.

“Ini merupakan program Kasad Jendral TNI Dudung Abdurachman yakni TNI AD manunggal air melalui Pangdam IX Udayana. Program ini sangat membantu masyarakat memenuhi ketersediaan air bersih untuk pengelolaan lahan pertanian dan kebutuhan air bersih. Untuk itu saya minta dimanfaatkan dengan baik karena ini sangat membantu ketahanan pangan ,” katanya.

Pemasangan program Pompa Hidram ini jelas Letkol Inf Sobirin terlaksanakan atas saran dan masukan dari Babinsa. Setelah itu dilanjutkan dengan survei bersama dengan perangkat desa dan memenihi syarat sehingga dipasanglah pompa hiidram ini.

Baca Juga :   Bantuan Pompa Hidram Kodam Udayana Untuk Petani Ende Diresmikan

“Setelah disurvei potensi di Desa Topen ini cukup memenuhi syarat sehingga dipasanglah Pompa Hidram. Masyarakat akan memanfaatkan pompa ini mengatur air untuk lahan perkebunan. Kelolahlah dengan baik karena akan sangat membantu ketersediaan pangan nantinya,” jelasnya.

Dengan diresmikannya di Pompa Hidram di Desa Topen ini sebut Letkol Inf Sobirin di Kabupaten TTS telah ada 63 titik pompa Hidram yang telah diresmikan dan digunakan untuk berbagai kebutuhan. Antaranya untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan untuk mengelola lahan kebun.

“Kedepan akan ada lagi pemasangan pompa hidram di beberapa tempat. Kami akan survei terlebih dahulu. Mudah-mudahan memenuhi syarat agar bisa segera terealisasi. Karena itu kami mengharapkan dukungan dari pemerintah daerah,” harap Letkol Inf Sobirin.

Lebih lanjut Letkol Inf Sobirin berpesan kepada masyarakat setempat untuk merawat pompa hidram tersebut.

“Jika ada kerusakan pada pipa atau bak primer segera laporkan kepada Babinsa untuk segera di perbaiki,” tuturnya

Baca Juga :   Jaga Produktivitas, Wamentan Tanam Padi Dan Panen Jagung

Sementara itu Kepala Desa Topen, Aser Banoet menyampaikan terima kasih kepada Kodam IX Udayana, khususnya Kodim 1621/TTS yang telah membantu masyarakat dalam penyediaan air bersih.

“Pompa hidram ini sangat di butuhkan sekali di desa kami. Ini karena di tempat kami sangat kekurangan air baik untuk lahan pertanian maupun air bersih. Karena itu atas nama masyarakat Topen saya apresiasi dan berterima kasih kepada pihak TNI, mulai dari Kasad, Pangdam IX Udayana, Danrem 161/ Wira sakti Kupang dan Dandim 1621/TTS. Bantuan ini cukup membantu masyarakat kami ,” kata Aser Banoet.

Acara peresmian Pompa Hidram tersebut diawali dengan penyambutan secara adat dan pengalungan kain adat oleh tokoh Adat Desa Topen keda Dandim 1621/TTS.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Mollo Utara, Efraim Letik, Pasi Ter Dim 1621 /TTS Kapten Inf Simon Hale, Danramil 1621-03/Molut Lettu Inf. Marten Tefa, Babinsa Desa Topen, Kepala Desa To’pen dan masyarakat Desa Topen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.