Cara Mudah Budidaya Ikan Bandeng Air Tawar, Dengan Perawatannya Cocok Untuk Pemula

oleh -109 views
Ilustrasi Budidaya Ikan Sepat
Ilustrasi Budidaya Ikan Sepat - Foto. Dok. Kaskus

Panennews.com – Ikan bandeng tentunya sangat dikenal bagi para pecinta kudapan ikan bergizi lengkap. Ikan tersebut jika diolah mempunyai tekstur cita rasa gurih pada dagingnya yang meskipun banyak duri dan tulang menyelimuti.

Hal tersebut jadi dasar utama ikan bandeng dibudidayakan, biasanya pada budidaya bandeng itu sendiri hidup pada air yang payau. Namun, budidaya ikan bandeng pada air tawar pun menjadi lebih mudah dan tidak mengecewakan untuk hasilnya. Adapun cara mudah untuk pembudidayaannya yang pertama yaitu siapkan kolam.

Siapkan kolam dengan kedalaman yang dinilai cukup, lalu isi air tawar yang dapat digunakan dan tidak tercemar. Adapun luas kolam tersebut harus sesuai dengan jumlah bibit ikan bandeng yang akan dipelihara, namun jika kolam tersebut terlalu kecil atau pun terlalu besar, dikhawatirkan dapat mengganggu populasinya.

Baca Juga :   Potensi Transaksi Produk Perikanan Di Shanghai Senilai USD 15,6 Juta

Selanjutnya, tebar benih ikan bandeng dikolam tersebut, penebaran benih ini disarankan tidak cacat dan bereputasi baik. Benih berkualitas biasanya mempunyai gerak yang aktif dengan ukuran benih 2 – 5 cm, tebar benih tersebut hingga mencukupi pada luas kolam.

Selain itu, masuk ke dalam tahap perawatan dan pemeliharaan dengan pemberian pakan secara teratur. Biasanya pemberian pakan tersebut dapat dilakukan maksimal 5 kali dalam sehari untuk hasil cenderung banyak, sedangkan untuk pemberian vitamin dapat dilakukan 1 bulan 2 kali.

Lebih lanjut, lakukan perawatan dan pemeliharaan tersebut diatas hingga bibit ikan bandeng berubah menjadi lebih besar. Untuk hasil maksimal, biasanya pada kolam tersebut tambahkan alat oksigen untuk mempercepat hasil panen ikan bandeng. Adapun biasanya ikan bandeng dapat memasuki masa panen berkisar waktu antara 12 – 24 bulan lamanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.