Apa Saja Sih Bibit dari Durian Montong ? Berikut Ulasannya

oleh -45 views
Durian
Foto : Getty Images

Panennews.com – Indonesia memiliki banyak sekali jenis durian. Ada durian tembaga, durian mimang, durian matahari, durian merah banyuwangi, durian sunan, hingga yang paling terkenal yaitu durian montong. Alasan itulah yang menyebabkan banyak orang mulai mencoba budidaya durian montong.

Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui bagaimana bibit yang unggul untuk dibudayakan. Bibit sendiri berbeda dengan benih. Jika benih berarti biji atau ada yang menyebutnya pongge dan digunakan untuk memperbanyak tanaman. Sedangkan bibit adalah tanaman durian yang masih muda.

Baca Juga :   Pemerintah Naikkan Dana Replanting Sawit Hingga Rp60 Juta Per-Hektare

Nah pilih saja bibitnya, pastikan dari pohon yang hasil buahnya bagus dan enak. Bibit yang bagus ukurannya mencapai 70 centimeter serta bisa didapatkan di toko pertanian.

Pada dasarnya ada empat jenis bibit dari durian montong. Ada bibit yang berasal dari okulasi, sambung kaki, sambung pucuk, dan sambung susu. Akan tetapi yang biasa dijual di pasaran adalah hasil dari sambung susu dan sambung pucuk.

Saat membeli bibit, pilihlah yang daunnya segar tanpa bercak atau jamur. Lihat juga benih awalnya apakah bagus atau tidak. Karena ada benih durian montong yang ketika ditanam, hasil rasanya tidak sama dengan durian awalnya.

Baca Juga :   Wujudkan Ketahanan Pangan, Dandim 1621/TTS Resmikan Pompa Hidram

Setelah pemilihan bibit yang unggul, selanjutnya lakukan penanaman pada lubang yang disiapkan. Lakukan juga penyiraman agar kebutuhan airnya tetep terjaga. Nah setelah itu langkah budidaya durian montong selesai. Perawatannya harus dengan telaten agar hasilnya memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.