Sekjen GAMKI : Sektor Perikanan dan Kelautan Masa Depan Bangsa

oleh -12 views
Sekjen GAMKI Sahat Sinurat
Sekjen GAMKI Sahat Sinurat - Foto : Panen News

Panennews.com – Sekjen Gerakan Aktivis Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Sahat Sinurat mengungkapkan bahwa saat ini kita harus memandang sektor perikanan maupun kelautan sebagai masa depan bangsa.

Ia menjelaskan bahwa ada banyak sekali potensi laut yang saat ini perlu dikembangkan, khususnya bagi generasi millennial. Generasi muda dapat mengambil peran di sektor ini untuk mengembangkan lebih jauh kekayaan yang terkandung di laut Indonesia.

Apalagi pemerintah sudah mempersiapkan dengan berbagai infrastuktur seperti tol laut untuk menunjang berjalannya distribusi logistik dengan baik.

“Pulau Kalimantan, Sumatera, Maluku, NTT, Papua, maupun Jawa tentu mempunyai produk yang khas. Dengan adanya tol laut yang sudah dibangun oleh pemerintah tentu akan mempermudah distribusi logistik” ungkapnya.

Baca Juga :   Apa Perbedaan Jantan dan Betina Pada Kepiting Bakau? Simak Ulasannya

Pria kelahiran Riau ini juga menjelaskan bahwa dirinya kini telah mengembangkan dan berkolaborasi dengan beberapa nelayan yang berada di Kepuluan Riau dan sekitarnya dalam pengembangan produk-produk perikanan.

“Kita beli produk dari nelayan seperti ikan yang sudah diasinkan, cumi-cumi, teri, kemudian kita kemas yang bagus dan kita pasarkan” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kesuksesan dalam dunia perikanan dan kelautan tidak lepas dari tiga faktor penting yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan teknologi.

“Ketiganya faktor tersebut harus terus dikembangkan sehingga potensi yang ada di Indonesia dapat lebih berkembang untuk kesejahteraan masyarakat.” Ungkapnya.

Baca Juga :   Flying Fox, Ikan Hias Pemakan Alga

Ia melanjutkan bahwa sumber daya manusia harus disiapkan untuk bisa mengelola potensi darat, potensi laut yang ada di Indonesia. Selain itu, pemanfaatan dunia digital juga tak kalah pentingnya mengingat saat ini pemasaran sebuah produk tak lepas dari dunia internet.

Komentar