Mengenal Varietas Mangga Garifta, Varietas Baru yang Unggul

oleh -32 views
Mangga Garifta

Panennews.com – Mangga Garifta merupakan varietas baru yang berhasil diwujudkan oleh para ahli yang bertempat di Pasuruan. Asalnya yaitu dari persilangan beberapa mangga lokal yang memiliki kualitas terbaik, baik rasa, tekstur, bau, dan warnanya.

Mangga ini berbentuk agak lonjong dengan panjang sekitar 14 sampai 26 centimeter dan beratnya sekitar dua ons. Warna kulitnya kuning, merah, hingga keunguan saat sudah matang. Sedangkan bagian dalam buahnya berwarna kuning kemerahan, sedikit berserat, namun tetap lembut.

Aromanya juga sebanding dengan tampilannya yang menggoda, serta rasanya jauh lebih manis dari yang lainnya. Kemudian setelah dipanen, tetap bisa disimpan selama tujuh hingga sepuluh hari.

Baca Juga :   Guna Meningkatkan Daya Saing, Pemerintah Pangkas Perizinan Ekspor Kopi

Rasa manis pada buah ini, dapat dijadikan sebagai sumber gula untuk tubuh. Kandungan vitaminnya juga tinggi, yaitu vit A dan C. Vitamin A bermanfaat untuk mata, sedangkan vitamin C yang berpadu dengan Pectin mampu menurunkan kolestrol. Asam glutamat di dalamnya bisa menambah daya ingat.

Selain itu, mangga ini aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Ya karena kadar glikemiknya yang rendah. Apabila dikonsumsi rutin, juga dapat memperlancar sistem pencernaan.

Buah manis satu ini memiliki empat jenis dan sudah ber SK dari Kementrian Pertanian. Yaitu ada mangga Garifta kuning, orange, merah, dan gading. Semuanya bercitarasa unggul dan unik. Saat ini produksinya terus dikembangkan dan dibudidayakan agar dapat dinikmati seluruh masyarakat.

Komentar