Adopsi Tata Kelola Budidaya Modern, Produksi Udang Di Kebumen Meningkat

oleh -6 views
Tim_Kunspek_Komisi_IV_DPR_RI_saat_melakukan_kunjungan_kerja_spesifik_ke_tempat_budidaya_udang_di_Keb20240703084034
Tim Kunspek Komisi IV DPR RI, Foto : Prima/Vel

Panennews.com – Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja spesifik ke tempat budidaya udang yang dikelola oleh Badan Layanan Umum KKP di Kebumen, Jawa Tengah.

Ketua Tim Kunsfik sekaligus Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Budhy Setiawan, menyatakan bahwa pengelolaan tempat budidaya udang di Kebumen tersebut menunjukkan tingkat profesionalisme yang tinggi dan sangat baik.

“Kita mengunjungi tempat budidaya udang yang dimiliki dan dikelola oleh Badan Layanan Umum KKP ini memang sudah cukup baik, kelihatan pengelolaannya betul-betul profesional. Kita harapkan dari percontohan yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum KKP ini nanti bisa bertambah,” ujar Budhy, Selasa (02/07/2024).

Baca Juga :   Kenali Masalah Yang Kerap Terjadi Dalam Budidaya Jamur Tiram

Selain itu, Budhy juga mengapresiasi tata kelola budidaya udang modern di Kebumen ini. Pasalnya, dengan pola budidaya modern. Tambak udang ini bisa menghasilkan produksi udang yang meningkat, sehingga dapat memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat sekitar.

“Dengan mengadopsi pola budidaya seperti yang dilakukan oleh KKP, diharapkan para petani tambak udang dapat meningkatkan produksi dan memperbaiki kondisi ekonomi mereka” lanjutnya.

Di sisi lain Politisi Fraksi Golkar ini menyoroti kondisi budidaya udang tradisional di sepanjang garis pantai Selatan Jawa yang masih menggunakan metode tradisional.

“Budidaya udang dengan cara tradisional ini rentan terhadap masalah kebersihan air dan penyakit, sehingga produknya cenderung memiliki kualitas yang rendah,” tambahnya.

Baca Juga :   Kenali 3 Jenis Penyakit Pada Ikan Cupang Dan Begini Cara Mengatasinya

Legislator Dapil Jabar III ini menegaskan pentingnya pengembangan pola budidaya yang lebih modern untuk meningkatkan produksi dan mengurangi kemiskinan di kawasan pesisir.

“Kawasan pesisir dan pantai seringkali menjadi daerah dengan garis kemiskinan yang tinggi. Dengan mengadopsi pola budidaya seperti yang dilakukan oleh KKP, diharapkan para petani tambak udang dapat meningkatkan produksi dan memperbaiki kondisi ekonomi mereka,” paparnya.

Komisi IV DPR RI berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya percontohan yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum KKP ini, serta mengupayakan pengembangan lebih lanjut dalam sektor budidaya udang untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.