3 Faktor Ini Jadi Penyebab Ikan Bawal Budidaya Mati Secara Mendadak

oleh -4 views
Ilustrasi Ikan
Ilustrasi Ikan - Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Budidaya ikan bawal memang tengah banyak digandrungi oleh masyarakat, lantaran ikan tersebut sangat laris diberbagai pasar sebagai ikan konsumsi.

Dalam budidayanya, sebagian masyarakat tengah mengeluh karena ikan tersebut tiba-tiba mati secara mendadak sebelum masa panennya. Hal itu disebabkan beberapa faktor, adapun faktor tersebut diantaranya.

Terpapar Hama Penyakit

Jika bawal budidaya terpapar hama serta penyakit, tentunya akan menganggu kesehatan ikan tersebut. Bahkan, ikan bawal yang terpapar hama penyakit bisa sangat menurun produktivitasnya. Selain itu, hama serta penyakit yang menyerang ikan bawal juga sangat besar dampaknya terhadap tubuh bawal. Oleh karena itu, ikan bawal tersebut mati secara mendadak.

Baca Juga :   Genjot Budidaya, Ratusan Benih Ikan Lele Ditebar Di Kolam RPTRA Kalijodo

Cuaca Yang Ekstrem

Selayaknya manusia, ikan bawal pun bisa menurun daya tahan tubuhnya saat cuaca tidak mendukung. Adapun cuaca ekstrem dapat memperburuk kondisi tubuh ikan bawal budidaya, sehingga kesehatan terus terganggu. Selain itu, perubahan cuaca yang menjadi ekstrem juga bisa mengundang datangnya hama serta penyakit. Dengan demikian, hal ini pun bisa jadi penyebab ikan bawal budidaya mati secara tiba-tiba.

Kualitas Air Buruk

Kualitas air kolam yang buruk biasanya dapat menyebabkan ikan bawal budidaya mati secara mendadak. Pasalnya, kualitas air yang cenderung buruk tentunya menyimpan dan mengandung sejumlah bakteri. Bakteri tersebut biasanya menyerang daya tahan tubuh ikan bawal, sehingga ikan bawal tidak tahan dalam melawan bakterI. Selain itu, kualitas air kolam yang buruk juga mengandung senyawa zat beracun yang dapat menganggu kesehatan bawal budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.