Wapres Ma’ruf Amin : Hilirisasi Rempah Nasional, Bentuk Sejahterakan Petani

oleh -6 views
Ilustrasi Rempah Rempah
Ilustrasi Rempah Rempah - Foto : Pinterest

Panennews.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin siang ini, menerima audiensi jajaran Pimpinan Gerakan Masyarakat dan Komunitas Rempah Indonesia (GEMARI) di kediaman resminya, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menekankan bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan alam, salah satunya rempah-rempah yang bisa menjadi komoditi unggulan mengingat minat pasar global terhadap rempah cukup tinggi. Untuk itu, Wapres mendorong hilirisasi rempah-rempah sebelum dijual ke pasaran.

“Jadi saya berpikir, rempah ini kan milik kita yang diberikan Allah SWT, banyak negara yang tidak punya. Jangan sampai kita menjual bahan baku. Kita harus hilirisasi itu,” ungkap Wapres, Kamis (27/06/2024).

Menurut Wapres, apabila hilirisasi rempah ini dapat terwujud, hal ini akan memberikan dampak yang baik bagi negara karena yang akan diuntungkan adalah para petani pangan dan rempah yang secara langsung hilirisasi akan memberikan nilai tambah terhadap produk mereka.

Baca Juga :   Naiknya Anggaran Subsidi Pupuk, DPD RI : Bantu Petani Dorong Produksi

“Hilirisasi akan membawa kita menjadi negara makmur, kalau di industri pangan, itu yang akan menikmati orang kecil, yaitu para petani,” imbuh Wapres.

Selain itu, Wapres juga meminta agar para petani pangan dan rempah dapat bergabung dalam program korporasi petani yang bertujuan mendorong petani menjadi lebih mandiri, berdaya saing dan berkesinambungan melalui pembinaan yang menyeluruh kepada petani.

“Ini yang harus kita tata melalui] korporasi petani. Jangan sendiri-sendiri, dikorporasikan. Proses penanaman dan pengairannya diatur, termasuk dalam komoditi rempah,” pintanya.

Sementara itu, dalam keterangan pers usai mendampingi Wapres dalam pertemuan tersebut, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi menyebutkan bahwa Wapres menaruh perhatian khusus terhadap pengembangan komoditas rempah nasional yang sudah menarik perhatian dunia sejak dulu.

“Wakil Presiden memang sangat concern terhadap jalur rempah Indonesia. Bagaimana supaya sejarah masa lalu yang penuh dengan kejayaan itu bisa dihidupkan kembali,” tutur Masduki.

Baca Juga :   Hadapi El Nino, Penyerapan Beras Lokal Harus Dimaksimalkan

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa Wapres meyakini dengan memajukan komoditi rempah nasional, dapat membantu banyak pelaku usaha rempah terutama petani yang menggantungkan hidupnya pada berbagai jenis tanaman Istimewa tersebut.

“Dalam pandangan Wapres, rempah ini merupakan sebuah ikhtiar bangsa untuk menyejahterakan bangsa karena banyak sekali hidup petani dengan rempah dan itu bisa dijadikan gerakan nasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, CEO GEMARI Siti Nur Azizah Ma’ruf menyebut bahwa pihaknya yang saat ini tergabung dalam Asosiasi Komunitas Pangan dan Rempah Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar acara yang mengangkat keunggulan rempah-rempah Indonesia.

“Bulan Agustus nanti rencana kami akan mengadakan satu event yang tentunya ini diharapkan menjadi satu starting point untuk mendorong nasionalisme terhadap pangan dan rempah Nusantara,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.