Jarang Diketahui, Indonesia Punya Beragam Jenis Kayu Unggulan Terbaik

oleh -10 views
wood-gdaa8a93cd_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya. Terlebih, Indonesia juga memiliki hutan dengan luas yang cenderung maksimal.

Dari hutan tersebut, Indonesia bisa menghasilkan berbagai jenis kayu unggulan terbaik. Namun, tidak semua jenis kayu memiliki keunggulan yang baik. Adapun jenis kayu unggulan tersebut antara lain.

Jati

Kayu yang berasal dari pohon jati ini cukup banyak ditanam hingga dibudidayakan di Indonesia. Jenis kayu jati memiliki kualitas baik dari segi ketahanan, bahkan jenis kayu ini sangat tahan juga terhadap rayap. Selain itu, kayu jati juga memiliki tekstur yang indah. Oleh sebab itu, jenis kayu tersebut menjadi salah satu kayu unggulan terbaik di Indonesia.

Baca Juga :   Tanam Benih Buah Alpukat Hingga Durian, Lestarikan Desa Hutan Di Sukabumi

Merbau

Jenis kayu yang berasal dari Maluku ini tak kalah menariknya dari kayu jati, kayu merbau dapat awet dan tahan lama hingga puluhan tahun. Selain itu, jenis kayu tersebut juga sangat tahan terhadap pelapukan akibat ruang dan waktu. Hal tersebut mampu mengantarkan merbau jadi jenis kayu unggulan Indonesia, biasanya merbau cenderung digunakan untuk kebutuhan kontruksi.

Ebony

Warna yang unik kerap kali menarik perhatian bagi siapa saja yang melihat kayu ebony. Selain warna yang unik, tekstur kayu ini pun cenderung ringan. Yang lebih menakjubkan lagi, jenis kayu tersebut sangat mudah dibentuk untuk kebutuhan peralatan rumah tangga. Tak hanya itu, jenis kayu yang berasal dari Sulawesi ini memiliki nilai ekspor yang tinggi pada luar negeri. Oleh karenanya, ebony termasuk kayu unggulan Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.