Jangan Dibuang, Jerami Padi Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Tanaman

oleh -10 views
Straw bales on paddy field in rural India.
Ilustrasi Tumpukan Jerami Padi, Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jerami padi merupakan sisa hasil panen padi yang biasanya diabaikan oleh masyarakat. Bahkan, keberadaan jerami padi ini kerap kali dibuang oleh banyaknya kalangan petani.

Namun, sisa hasil panen padi ini pun cenderung banyak manfaat bagi lingkungan. Salah satunya bermanfaat bagi tanaman, adapun manfaat jerami padi bagi tanaman diantaranya.

Jadi Pupuk Tanaman

Jerami padi bisa digunakan sebagai pupuk tanaman. Pasalnya, jerami padi itu sendiri mengandung banyak senyawa unsur hara yang bisa meningkatkan produktivitas tanaman. Selain itu, jerami padi juga dapat membuat akar-akar tanaman menjadi kuat dan berkembang lebih cepat. Oleh sebab itu, jerami padi bisa jadi pupuk bagi tanaman.

Baca Juga :   Buah Tropis Kualitas Ekspor, Ramaikan Penas Tani 2023

Percepat Produktivitas Tanaman

Sisa hasil panen padi ini mengandung senyawa unsur hara dan sejumlah vitamin yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Dengan begitu, jerami padi juga sangat potensial dalam mendukung percepatan produktivitas tanaman. Selain itu, kandungan vitamin yang terdapat pada jerami padi juga bisa mencegah tanaman terhindar dari kelayuan. Oleh karena itu, ini merupakan salah satu manfaat dari jerami padi.

Menyuburkan Tanaman

Diketahui mengandung senyawa unsur hara, biasanya senyawa tersebut sangat potensial untuk menyuburkan tanaman. Oleh sebab itu, jerami pada juga bermanfaat dan bisa menyuburkan tanaman. Bahkan, jerami padi juga mengandung berbagai vitamin dan mineral. Kandungan tersebut sangat berfungsi dalam meningkatkan dan menyuburkan tanaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.