Bapanas : Produksi Ternak Ruminansia, Wujudkan Swasembada Daging Nasional

oleh -6 views
Daging Sapi
Foto : Panen News

Panennews.com – Sebagai upaya mewujudkan swasembada daging nasional, Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor).

Adapun rakor itu bertemakan Peningkatan Produksi Daging Ruminansia Besar (Sapi/Kerbau) Menuju Swasembada Daging Nasional yang dilaksanakan di Kantor Sekretariat Kabinet yang menghasilkan kesepakatan penting untuk mempercepat pencapaian swasembada daging di Indonesia.

Rakor ini diadakan dalam rangka optimalisasi penuntasan kerja pemerintahan saat ini, dengan fokus pada peningkatan produksi daging ruminansia besar untuk memenuhi kebutuhan nasional yang terus meningkat.

“Konsumsi daging sapi di Indonesia masih di bawah rata-rata dunia, dan untuk memenuhi target RPJMN 2020-2024, produksi daging perlu ditingkatkan menjadi 4 sampai 4,6 juta ton pada tahun 2020-2024. Kebutuhan akan daging menjadi sangat penting sebagaimana sejalan dengan arahan Presiden pada tahun 2016 yang menargetkan tercapainya swasembada daging dalam 9-10 tahun ke depan” ujar, Arief Prasetyo Adhi, Selasa (11/06/2024).

Baca Juga :   Stok Sapi di NTB 1,2 Juta Ekor, Kebutuhan Daging Tak Jadi Masalah

Meskipun target swasembada daging belum tercapai tahun ini, diharapkan dalam 5 tahun dari sekarang target tersebut dapat diraih.

Rakor ini membahas berbagai strategi dan langkah konkret untuk mencapai target tersebut, termasuk penyusunan rencana aksi sampai dengan 2026 dan roadmap sampai dengan 2029 dengan melibatkan multipihak dan bauran sumber daya pembiayaan yang selaras dengan RPJMN 2025-2029 (program kemandirian pangan).

Kemenko Bidang Perekonomian akan mengoordinasikan dokumen perencanaan swasembada daging ruminansia besar nasional, mendukung penyusunan Perpres untuk memperkuat swasembada daging, mereview kembali strategi eksisting dan mengomunikasikannya dengan Bappenas.

Baca Juga :   Stok Capai 11 Ribu Ton, Bulog Maluku : Beras Aman Hingga Akhir Tahun

Lebih lanjut, adapun itu untuk diintegrasikan dalam RPJMN 2025-2029 dan RKP, memberikan dukungan pembiayaan, pelatihan, dan ketersediaan bibit untuk peternak, serta memperhatikan dan mengendalikan impor daging untuk melindungi peternak lokal.

Kesepakatan rakor ini akan dituangkan dalam surat Sekretariat Kabinet dan ditindaklanjuti oleh K/L terkait dengan penuh komitmen.

“Diharapkan dengan langkah-langkah strategis dan sinergi yang solid dari seluruh pemangku kepentingan, swasembada daging ruminansia besar nasional dapat segera terwujud dan Indonesia dapat mencapai kemandirian pangan di sektor ini” tutup Arief.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.