Bapanas Pastikan Stok Beras Wilayah Indonesia Timur Aman Dan Cukup

oleh -6 views
e711e4a2-57c1-4818-868b-6ab870f028b5
Foto : Dok. Perum Bulog

Panennews.com – Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA) terus memastikan ketersediaan pangan, khususnya beras di wilayah timur Indonesia aman dan cukup.

Untuk itu, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA, Sri Nuryanti dalam lawatan kali ini meninjau langsung stok beras, proses penyimpanan dan mekanisme distribusi bantuan pangan beras di Komplek Pergudangan Bulog Talumolo, Gorontalo, Sulawesi Utara, Rabu (26/06/2024).

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pengendalian Kerawanan Pangan NFA, Sri Nuryati menjelaskan bahwa saat ini pemerintah tengah melakukan upaya-upaya intervensi untuk menstabilkan harga beras.

Dirinya menekankan bahwa untuk mencapai keseimbangan harga pangan yang ideal baik dari sisi produsen maupun konsumen diperlukan langkah nyata dari seluruh pihak yang terlibat.

Baca Juga :   Gelar HUT ke-2 di Kupang, NFA Gaungkan Sinergi dan Kolaborasi Mewujudkan Merdeka Pangan

“Hari ini kami melihat secara langsung proses rebagging beras 5 kg untuk penyaluran SPHP dan 10 Kg untuk penyaluran bantuan pangan beras di gudang Bulog Talumolo, Gorontalo. Tentu ini bagian untuk memastikan kualitas bantuan pangan beras yang diterima masyarakat terutama dengan metode first in first out pada prosedur inventory,’’ Katanya.

“Saat ini Bulog Gorontalo sudah menyalurkan 50% bantuan pangan CPP kepada KPM di wilayah Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo, Kab. Gorontalo Utara, dan Kab. Bone Bolango. Kami pastikan kualitas beras yang ada di gudang Bulog sangat baik, Ini sekaligus menjawab keresahan para penerima bantuan pangan beras selama ini yang kerap meragukan kualitas beras dari Perum BULOG,” Ujar Nuryanti.

Baca Juga :   Mentan SYL Kawal Bantuan Pangan Di Kabupaten Puncak Papua

Nuryanti menambahkan Peningkatan produksi dalam negeri selalu menjadi poin yang konsisten didorong oleh Kepala Badan Pangan Nasional/National Food Agency (NFA), ia mendorong adanya peningkatan produksi pangan pokok strategis yang bersumber dari dalam negeri.

NFA bertugas untuk menjaga di 2 sisi, mulai dari hulu hingga hilir, sehingga terdapat keberlanjutan pertumbuhan ekosistem ketahanan pangan nasional. Pada sisi hulu dengan mengutamakan kesejahteraan petani, sedangkan di sisi hilir dengan menjaga inflasi melalui bantuan pangan kepada masyarakat bersama Bulog.

Pada kesempatan ini hadir Kepala Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi serta Kepala Seksi Pengendalian Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Gorontalo, Kepala Gudang Bulog Talumolo dan Pimpinan Bulog Cabang Gorontalo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.