Eceng Gondok Jadi Pakan Hewan Ternak, Ternyata Ini Sederet Manfaatnya

oleh -10 views
ilustrasi enceng gondok
Ilsutrasi Eceng Gondok - Foto : Istimewa

Panennews.com – Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang kerap dijumpai keberadaannya pada sungai, danau, hingga rawa-rawa. Meski tumbuh liar, eceng gondok memiliki banyak kegunaannya.

Salah satu kegunaan eceng gondok yaitu bisa jadi pakan hewan ternak berupa kambing, kerbau, domba, hingga sapi. Pasalnya, eceng gondok memiliki segudang manfaat untuk hewan ternak. Adapun manfaat eceng gondok sebagai pakan hewan ternak diantaranya.

Tingkatkan Bobot Ternak

Eceng gondok mengandung senyawa nutrisi berupa protein dalam jumlah yang tinggi, dari protein tersebut biasaya dapat meningkatkan bobot ternak. Selain itu, eceng gondok juga memiliki segudang vitamin yang tentunya dapat membantu meningkatkan bobot ternak. Oleh sebab itu, ini merupakan salah satu manfaat eceng gondok sebagai pakan alami hewan ternak.

Baca Juga :   Kelinci Diare, Kenali Penyebab Dan Cara Sederhana Mengatasinya

Melancarkan Pencernaan Ternak

Kandungan serat yang tinggi dalam eceng gondok dapat membantu dalam melancarkan pencernaan pada hewan ternak, sehingga ini jadi salah satu manfaat eceng gondok. Selain itu, tumbuhan liar yang berada pada rawa-rawa ini juga mengandung vitamin C yang tentunya sangat berfungsi dalam memenuhi gizi untuk pencernaan hewan ternak.

Memenuhi Gizi Harian

Seluruh kandungan nutrisi yang terdapat dalam eceng gondok biasanya berperan aktif dalam memenuhi gizi harian ternak, sehingga ternak dapat meningkat produktivitasnya. Selain itu, eceng gondok juga memiliki kandungan vitamin. Dari vitamin tersebut, jadi nilai tambah eceng gondok dapat memenuhi gizi harian ternak. Oleh karena itu, hal ini jadi salah satu manfaat eceng gondok sebagai pakan ternak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.