Mengenal Senggani, Pohon Yang Tumbuh Liar Penghias Jalan Raya

oleh -9 views
istockphoto-2102499121-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Senggani merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh secara liar. Meski begitu, pohon ini pun memiliki fisik serta penampilan yang cukup terbilang indah.

Pohon ini memiliki nama Ilmiah Melastoma Candidum yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Melastomataceae. Di sejumlah daerah Indonesia, pohon ini banyak terkenal dengan sebutan Cengkodok.

Secara morfologi, pohon senggani biasanya dapat tumbuh tinggi hingga mencapai ukuran kisaran antara 2 meter. Batangnya cokelat dengan tekstur keras, mempunyai panjang berkisar antara 1,5 meter.

Batang tersebut memiliki percabangan yang berbentuk ranting, biasanya ranting tersebut pun terdapat daun senggani yang tumbuh secara perseling diantara batang hingga rantingnya.

Baca Juga :   Tak Hanya Cantik, Ini 3 Manfaat Bunga Anggrek Untuk Kesehatan

Lebih lanjut, helai daun tersebut mendominasikan warna hijau dan memiliki sifat tunggal. Daun tersebut mempunyai ukuran panjang berkisar antara 2 – 20 cm, sedangkan lebarnya 3 cm.

Jika kita perhatikan lebih jauh, daun dari pohon senggani ini memiliki ujung dan pangkal daun yang cukup runcing. Uniknya, dari daun dan pangkal tersebut menjadikan daun itu terlihat indah.

Di samping itu, jika musim penghujan telah tiba. Pohon senggani ini terdapat bunga berwarna ungu, biasanya bunga tersebut cukup terbilang mekar pada saat hujan turun dan setelah hujan turun.

Baca Juga :   Daun Encok, Tumbuhan Liar Obat Alami Penyakit Rematik

Lebih jauh, pada saat bunga tersebut mekar biasanya akan muncul keindahan yang sangat mempesona. Bahkan, pada saat mekarnya bunga ini mengeluarkan aroma yang cukup harum.

Selain itu, tampilan fisik yang besar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pohon senggani ini. Pasalnya, pohon dengan tampilan ukuran besar biasanya akan semakin indah dan menawan.

Oleh karena keindahan bunga dan tampilan fisik yang besar. Banyak dari spesies pohon senggani tumbuh dan dibudidayakan pada sekitar pinggir-pinggir jalan dan mampu menghiasi jalan raya agar semakin indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.