Kabupaten Brebes Canangkan Desa Cluster Buah, 1200 Bibit Kelengkeng Ditanam

oleh -9 views
Ilustrasi Buah Kelengkeng Foto pinterest
Ilustrasi Buah Kelengkeng - Foto : Pinterest

Panennews.com – Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar SH MHum mencanangkan Desa Klaster Buah.

Pencanangan ditandai dengan penanaman bibit pohon buah Kelengkeng di halaman rumah-rumah warga di Dukuh Nambo, Desa Banjarharjo, Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes.

Pencanangan Desa Klaster buah bagian dari menjadi puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 di Kabupaten Brebes, Jumat (21/06/2024).

“Saya berharap, ada inovasi yang berkaitan dengan penanaman jenis pohon lain karena Brebes wilayahnya sangat luas. Ini artinya, desa-desa memiliki filosofi dari prinsip keadilan dalam mengatasi lingkungan,” harap Iwan.

Selain itu, lanjutnya, bersinergi antara pemerintah dengan warga Masyarakat berupa partisipasi yang intens dilakukan.

Baca Juga :   Agar Buah Semangka Tetap Segar, Begini Tipsnya Menyimpan Semangka

Dalam kesempatan tersebut, untuk menjaga kebersihan lingkungan, Pemkab Brebes juga memberikan satu unit Dump Truk sampah.

Sehingga ke depan masyarakat akan lebih tertib dalam pembuangan sampah, menjaga kelestarian lingkungan hidupnya agar menjadi contoh untuk anak cucu.

Juga diserahkan hadiah para pemenang lomba dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Brebes.

Yakni, lomba poster dan video edukasi pengelolaan sampah kategori umum dan pelajar yang diserahkan Pj Bupati Brebes diikuti Anggota DPRD, unsur Forkopimda, Asisten Sekda, serta Camat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes La Ode Vindar Aris N mengatakan, dipilihnya Dukuh Nambo sebagai Desa Klaster Buah Kelengkeng sesuai dengan pengembangannya dan potensinya di Brebes wilayah Tengah.

Baca Juga :   Tips Mudah Memilih Buah Kelengkeng Yang Matang Dan Manis

“Hari ini ditanam 1200 bibit Kelengkeng, termasuk beberapa desa yang lain juga akan diproyeksikan sebagai agrowisata Desa Klaster Buah,” kata La Ode.

La Ode menambahkan, setelah pencanangan ini akan ada Surat Edaran Bupati untuk menggalakkan masing-masing desa punya ciri khas sendiri, jenis Klaster Buahnya.

“Yang sudah berjalan, salah satunya adalah Desa Kedungneng, Kecamatan Losari Brebes yang menjadi Desa Klaster Buah Pisang” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.