Jarang Diketahui, Ini 3 Penyebab Nafsu Makan Kambing Berkurang

oleh -10 views
Ilustrasi Kambing
Ilustrasi Kambing - Foto : Pixabay/@Couleur

Panennews.com – Memelihara kambing yang meningkat nafsu makannya, tentu menjadi tujuan bagi si peternak. Pasalnya, jika kambing nafsu makan biasanya akan mendongkrak bobot kambing tersebut.

Namun, banyak dari kalangan masyarakat tengah mengeluh lantaran kambing tidak nafsu makan. Hal itu bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa penyebabnya. Adapun penyebab kambing berkurang nafsu makannya antara lain.

Pakan Kurang Berkualitas

Pakan yang tidak berkualitas biasanya membuat kambing tersebut enggan untuk mengkonsumsinya, sehingga nafsu makan kambing akan berkurang. Selain itu, pakan yang kurang akan kandungan nutrisinya juga bisa menyebabkan kambing tersebut malas makan. Oleh sebab itu, berilah kambing tersebut dengan pakan berkualitas dan bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan gizinya.

Baca Juga :   Ketahui 3 Manfaat Memandikan Burung Kicau Pada Pagi Hari

Terkena Penyakit Menular

Kambing yang terkena penyakit menular seperti flu hingga sejumlah penyakit lain, biasanya menjadi penyebab nafsu makan kambing berkurang. Pasalnya, jika kambing terkena penyakit biasanya muncul berbagai efek buruk. Salah satunya yaitu kambing malas untuk bergerak dan mengkonsumsi makanan. Selain itu, dari penyakit menular tersebut juga biasanya membuat kambing kurang bergairah akan kehidupannya.

Terjangkit Stres

Akibat kondisi pakan kurang berkualitas serta kandang yang tidak memadai, membuat kambing tersebut terjangkit stres. Dampak buruknya yaitu kambing akan kehilangan nafsu makannya, sehingga dapat menyebabkan penurunan bobot kambing. Meskipun stres cukup remeh, namun memberikan efek dampak buruk besar terhadap produktivitas kambing hingga tumbuh kembangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.