Idul Adha 2024, Jawa Timur Diprediksikan Stok Hewan Kurban Surplus

oleh -4 views
Hewan Sapi
Foto : Panen News/amar

Panennews.com – Data Dinas Peternakan Jawa Timur (Jatim) menyebutkan, Sapi ketersediannya sebanyak 597.943 ekor, kebutuhannya 79.311 ekor, surplus 518.632 ekor.

Kambing ketersediaannya sebanyak 1.310.245 ekor, kebutuhannya sebanyak 291.888 ekor, surplus 1.018.357 ekor. Domba ketersediaannya sebanyak 519.832 ekor, kebutuhannya sebanyak 55.431 ekor, surplus 464.401 ekor. Kerbau ketersediaannya sebanyak 1.981 ekor, kebutuhannya sebanyak 17 ekor dan surplus 1.964 ekor.

Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan Jawa Timur, Indyah Aryani, saat mendampingi peninjauan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, di peternakan HFS Glourius Farm di Desa Takeharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan pada, Sabtu (08/06/2024) sore.

Dikatakannya, stok hewan kurban di wilayah ini tidak hanya mencukupi, tetapi bahkan melampaui kebutuhan masyarakat yang terus meningkat.

Baca Juga :   Cegah Rabies, Vaksinasi Hewan Di Jakarta Timur Capai 107 HPR

“Kami telah melakukan berbagai persiapan sejak jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan hewan kurban di Jawa Timur. Hasilnya, tahun ini kita mengalami surplus hewan kurban yang siap untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, surplus ini merupakan hasil dari kerja keras dan kolaborasi antara peternak, pemerintah, dan pihak terkait lainnya dalam menjaga pasokan dan kualitas hewan kurban.

Lebih lanjut, pemeriksaan kesehatan rutin dan pemantauan yang ketat telah dilakukan untuk memastikan bahwa hewan kurban yang disediakan dalam kondisi sehat dan layak.

Selain surplus hewan, animo masyarakat Jawa Timur untuk melaksanakan ibadah kurban juga meningkat drastis. Hal ini tentunya menjadi daya tambah nilai plus bagi Jawa Timur

Baca Juga :   3 Tips Paling Ampuh Tingkatkan Nafsu Makan Bebek Pedaging

“Tahun ini, kami melihat peningkatan yang signifikan dalam partisipasi masyarakat untuk berkurban. Hal ini tidak hanya menunjukkan kepatuhan terhadap ajaran agama, tetapi juga semangat solidaritas sosial yang tinggi,” katanya.

Menurut data yang dihimpun oleh Dinas Peternakan Jawa Timur, jumlah pemotongan hewan kurban di Jawa Timur pada tahun ini diproyeksikan mencapai 426.647 ekor, naik sekitar 22% dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 349.711 ekor. Peningkatan ini mencakup berbagai jenis hewan kurban seperti sapi, kambing, domba, dan kerbau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.