Desa Cibeureum Wetan Kembangkan Ternak Domba, Usung Ketahanan Pangan

oleh -9 views
Kandang Domba Terkoleksi
Dok. Istimewa

Panennews.com – Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka membuat program ketahanan pangan dengan sumber dana dari Dana Desa (DD).

Program ketahanan pangan dirintis sejak tahun 2023 dengan membeli 20 ekor domba jenis Domba Garut dan Priangan. Dalam waktu setahun ternak yang dikelola oleh kelompok ternak Gapoktan Tampomas Mekar kini menjadi 47 ekor. Gapoktan Tampomas Mekar sendiri kini memiliki anggota sebanyak 6 orang.

“Saya sangat mengapresiasi program yang dilakukan Desa Cibereum Wetan ini. Dari awal modal 20 ekor, domba yang diurus oleh 6 orang peternak sekarang sudah menghasilkan 27 ekor. Domba semuanya ada 47 ekor Domba,” kata Pj Bupati Yudia di Desa Cibereum Wetan, Kamis (27/06/2024).

Baca Juga :   Punya Kucing, Ketahui Pakan Kucing Alami Yang Sehat

Dari 27 ekor domba yang dihasilkan sebagiannya diberikan kepada warga masyarakat miskin ekstrem untuk diternakkan kembali.

“Jadi program Satali, ‘Saling Talingakeun’ (saling memperhatikan) di Desa Cibereum Wetan ini berhasil. Jadi kita harus melihat kanan kiri di sekitar kita,” tuturnya.

Menurutnya, sebuah program berhasil kalau masyarakat dapurnya ngebul, artinya kebutuhan pangannya terpenuhi.

“Harusnya aparat pemerintah itu tugasnya memastikan warganya Dapurnya Ngebul,” kata Yudia.

Dikatakan Yudia, perlu adanya kekompakan kekompakan mulai dari pemerintah kecamatan, desa, RW, RT dan kelompok peternaknya dalam menyukseskan program ketahanan pangan tersebut.

Baca Juga :   Mengenal Budidaya Semut Rangrang

“Masyarakat di sini respek kalau ada masyarakat dinyatakan miskin ekstrem dan menerima bantuan ternak harus dengan ikhlas memeliharanya,” katanya..

Dase Ridwan sakah seorang anggota kelompok tani Desa Cibereum Wetan di Dusun Pangkalan yang menerima bantuan simbolis ternak domba menyebutkan rasa terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Saya pelihara dengan sungguh-sungguh agar dapat membantu perekonomian keluarga,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.