Siswa SD Bersihkan Sampah dan Tanam Mangrove di Pesisir Jepara

oleh -6 views
Siswa SD Islam Unggulan (SDIU) Fadlun Nafis Bangsri membersihkan sampah di kawasan pantai. (Panennews.com/Ahmad Muharror)
Siswa SD Islam Unggulan (SDIU) Fadlun Nafis Bangsri membersihkan sampah di kawasan pantai. (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Siswa SD Islam Unggulan (SDIU) Fadlun Nafis Bangsri, membersihkan sampah yang berserak di pantai di Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (22/5/2024).

Tidak berhenti disitu, anak usia dini itu juga menanam mangrove di sepanjang pantai Kropak Indah Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, dalam aksi peduli lingkungan tersebut.

Kepala SDIU Fadlun Nafis Bangsri, Insiyatul Uliyah mengatakan, dipilihnya lokasi tersebut karena kondisi abrasi. Harapannya, dengan penanaman mangrove bisa meminimalisir makin berkurangnya bibir Pantai Kropak Indah.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tema kami adalah Hijau Bumiku Lestari Alamku,” ujarnya di sela giat.

Baca Juga :   KLHK Canangkan Penanaman 25000 Mangrove Serentak Di Gorontalo

Setelah penanaman mangrove, peserta didik juga diajak melakukan bersih pantai di lokasi Pantai Bondo.

Diharapkan, kegiatan ini bisa menjadi kenangan baik bagi anak untuk peduli lingkungan. Mengingat, tanam pohon dan penanganan sampah itu penting untuk keseimbangan lingkungan di masa depan.

Diharapkan, peserta didik bisa mempraktikkan kegiatan tanam pohon di rumah masing-masing. Sehingga kondisi lingkungan bisa terjaga.

“Bagi yang memiliki halaman luas bisa tanaman pohon besar. Adapun yang kecil ya menyesuaikan sehingga lingkungan kita bisa tetap asri,” jelasnya.

Baca Juga :   Peringati Sumpah Pemuda, Mahasiswa NTT Aksi Tanam Mangrove

Ketua Komunitas Pantai Kropak Indah (KPKI) Sudi Siswanto, mengaku senang dengan adanya kegiatan penanaman mangrove.

“Luas pantai ini sekitar 55 hektare. Baru sepertiga yang tertanam mangrove, sehingga memang masih perlu banyak penanaman mangrove di sini,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.